Kompas.com - 19/07/2021, 06:09 WIB
Para jemaah mengelilingi Ka'bah di Masjidil Haram, dengan mengenakan masker dan menjaga jarak sosial, pada Sabtu (17/7/2021).  Selama dua tahun berrturut-turut, ibadah haji dibatasi dengan ketat karena virus corona. AP PHOTO/AMR NABILPara jemaah mengelilingi Ka'bah di Masjidil Haram, dengan mengenakan masker dan menjaga jarak sosial, pada Sabtu (17/7/2021). Selama dua tahun berrturut-turut, ibadah haji dibatasi dengan ketat karena virus corona.

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah Arab Saudi memutuskan untuk membatasi pelaksanaan ibadah haji tahun ini hanya untuk warga dan penduduk di negaranya.

Dengan demikian umat Muslim seluruh dunia termasuk Indonesia tidak bisa mengikuti ibadah haji 2021 ini. Meski demikian, tidak ada salahnya menyiapkan dana ibadah haji.

Dibutuhkan biaya yang tidak sedikit untuk menyempurnakan rukun Islam yang kelima ini. Ditambah, antrean penunaian ibadah haji bagi jemaah bisa cukup panjang hingga 10 tahun.

Baca juga: LPS Jamin Dana Calon Jemaah Haji di Perbankan Aman

Diperlukan perencanaan yang baik dan tepat sedini mungkin agar Anda bisa beribadah haji dengan nyaman dan tenang.

Berikut beberapa tips untuk menyiapkan dana ibadah haji yang dilansir dari Finansialku.com.

1. Konsultasikan tentang kebutuhan dan jumlah total biaya haji

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dalam pelaksanaan haji, tentu membutuhkan biaya yang cukup banyak. Sehingga, sangat penting bagi Anda untuk mencari informasi pasti mengenai besaran jumlahnya.

Dikarenakan kenaikan Covid-19 yang terus signifikan, membuat biaya haji 2021 naik hingga Rp 44,3 juta. Jumlah ini tentu akan terus naik setiap tahun meski tidak terlalu besar selisihnya.

Setelah mencari jumlah biayanya, kamu bisa tentukan mau berapa tahun menyiapkan dana ibadah haji.

Bila dalam rencananya kamu kebingungan, diskusikan hal ini bersama keluarga atau kerabat.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.