Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PPKM Darurat, Kejaksaan Agung Permudah Syarat Administrasi CPNS 2021

Kompas.com - 18/07/2021, 21:15 WIB
Akhdi Martin Pratama

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kejaksaan Agung RI mempermudah persyaratan administrasi peserta seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2021. Langkah ini diambil terkait adanya penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat di Jawa dan Bali.

Hal tersebut diketahui berdasarkan Pengumuman Kejaksaan Agung Nomor B-2/C/Cp/07/2021 tertanggal 7 Juli 2021.

Lantas, apa saja syarat administrasi CPNS 2021 Kejaksaan Agung yang dipermudah?

Baca juga: Pelamar CPNS dan PPPK 2021 Capai 3 Juta, Pendaftaran Ditutup 21 Juli

Berdasarkan surat pengumuman tersebut, peserta seleksi CPNS 2021 Kejaksaan Agung tidak diminta untuk mengurus surat keterangan bebas narkotika ke dokter unit layanan kesehatan pemerintah.

Para peserta seleksi CPNS 2021 hanya diminta melampirkan hasil scan surat pernyataan tidak mengkonsumsi/menggunakan narkotika, psikotropika, prekursor dan zat adiktif lainnya yang ditandatangani pelamar di atas materai Rp 10.000 dengan disaksikan oleh dua orang saksi, yaitu orang tua/wali/anggota keluarga yang telah dewasa dan ketua Rukun Tetangga (RT)/Rukun Warga (RW)/perangkat desa atau kelurahan tempat domisili.

Selanjutnya, pelamar yang memilih jabatan ahli pertama jaksa, analis naskah rancangan perjanjian dan pengawal tahanan sebelumnya diminta melampirkan surat keterangan belum menikah dari lurah/kepala desa.

Dengan adanya PPKM Darurat ini, pelamar hanya diminta melampirkan hasil scan surat pernyataan belum menikah yang ditandatangani oleh pelamar di atas materai Rp 10.000 dengan disaksikan oleh dua orang saksi, yaitu orang tua/wali/anggota keluarga yang telah dewasa dan ketua Rukun Tetangga (RT)/Rukun Warga (RW)/perangkat desa atau kelurahan tempat domisili.

Kemudian, pelamar yang memilih jabatan ahli pertama jaksa, analis naskah rancangan perjanjian dan pengawal tahanan juga tidak diminta lagi menyertakan surat keterangan dokter dari rumah sakit yang mencantumkan tinggi badan.

Baca juga: Masih Bisa Daftar, Ini 10 Instansi CPNS Terfavorit dan Sepi Peminat

Peserta seleksi CPNS 2021 Kejaksaan Agung hanya diminta diminta melampirkan hasil scan surat pernyataan yang mencantumkan tinggi badan minimal untuk laki-laki 160 cm dan untuk perempuan minimal 155 cm yang ditandatangani oleh pelamar di atas materai Rp 10.000 dengan disaksikan oleh dua orang saksi, yaitu orang tua/wali/anggota keluarga yang telah dewasa dan ketua Rukun Tetangga (RT)/Rukun Warga (RW)/perangkat desa atau kelurahan tempat domisili.

Sebelumnya diberitakan, Kejaksaan Agung RI tahun ini membuka pendaftaran CPNS 2021 sebanyak 4.148 orang. Ribuan formasi itu diperuntukan untuk lulusan SMA hingga S2.

Dalam rekrutmen CPNS 2021 Kejaksaan Agung, korps Adhyaksa ini juga menerima formasi khusus dengan kriteria lulusan cumlaude, disabilitas, serta putra putri Papua dan Papua Barat.

Persyaratan untuk melamar CPNS Kejaksaan 2021 ini ditentukan berdasarkan persyaratan umum maupun persyaratan khusus dari masing-masing jenis jabatan dari formasi yang dipilih.

Untuk pendaftaran CPNS 2021 Kejaksaan Agung seluruhnya dilakukan secara online di https://sscasn.bkn.go.id.

Para pelamar yang lolos akan ditempatkan di seluruh unit kerja wilayah hukum di 34 provinsi di Indonesia.

Baca juga: Pendaftar CPNS 2021 Capai 2,5 Juta, 2 Instansi Belum Ada Pelamarnya

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com