PPKM Darurat Diperpanjang, Pemerintah Diminta Segera Cairkan BLT

Kompas.com - 21/07/2021, 08:47 WIB
Ilustrasi rupiah, ilustrasi penyaluran BLT UMKM, ilustrasi KUR Thinkstockphotos.comIlustrasi rupiah, ilustrasi penyaluran BLT UMKM, ilustrasi KUR
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketua PP Muhammadiyah Anwar Abbas meminta pemerintah segera menyalurkan beragam program bansos, termasuk bantuan langsung tunai (BLT).

Hal itu dinilai perlu setelah Presiden RI Joko Widodo memutuskan untuk memperpanjang PPKM hingga tanggal 25 Juli 2021.

"Maka pemerintah harus membantu perekonomian rakyat terutama mereka yang berada di lapis bawah dengan (penyaluran) BLT secepatnya dan secukupnya, agar mereka dapat memenuhi kebutuhan pokok," kata Anwar kepada Kompas.com, Rabu (21/7/2021)

Anwar menuturkan, percepatan pencairan BLT membuat masyarakat terhindar dari kelaparan dan membantu mengangkat kondisi ekonomi. Hal ini mencegah krisis sosial dan segala tindak kejahatan.

Baca juga: Jokowi Perpanjang PPKM Darurat, Serikat Buruh Minta Penyaluran Bansos Dipercepat

Namun kata Anwar, pencairan BLT saja belum cukup mengingat tak semua warga mendapat fasilitas itu. Untuk itu perlu partisipasi warga utamanya pengurus masjid di tingkat RT/RW menghimpun zakat, infaq, sedekah, untuk dibagi kepada warga yang membutuhkan.

"Mereka bisa bekerja sama dengan lembaga amil zakat yang ada, lalu berkoordinasi dengan pihak RT/RW agar seluruh masyarakat yang membutuhkan dapat dibantu dan terbantu," kata  dia.

Selanjutnya dia pun mengimbau warga tetap mematuhi protokol kesehatan, sekalipun PPKM tidak diperpanjang nantinya.

Anwar menilai aparat perlu terjun ke pasar, terminal, stasiun kereta api, serta tempat umum lainnya yang berpotensi memunculkan keramaian. Aparat perlu mengatur dan menertibkan dengan santun.

"Dengan mematuhi prokes yang ada, tidak hanya akan membawa kebaikan kepada yang bersangkutan dan keluarganya saja, tetapi juga untuk orang lain," pungkas Anwar.

Baca juga: Selama Bioskop Tutup, Sebagian Karyawan Diliburkan dan Gaji Dipotong 50 Persen

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.