Kompas.com - 21/07/2021, 12:29 WIB
Seorang kapster sedang mencukur rambut pelanggan di Mancave Barbershop di Pasar Baru, Jakarta Pusat, Rabu (17/6/2020). Dia menggunakan alat pelindung diri berupa masker dan kacamata goggle saat bekerja untuk mencegah penularan virus COVID-19. ANTARA/Sugiharto PurnamaSeorang kapster sedang mencukur rambut pelanggan di Mancave Barbershop di Pasar Baru, Jakarta Pusat, Rabu (17/6/2020). Dia menggunakan alat pelindung diri berupa masker dan kacamata goggle saat bekerja untuk mencegah penularan virus COVID-19.
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah memutuskan untuk memperpanjang pelaksanaan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat hingga 25 Juli 2021.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan, jika kasus Covid-19 terus menurun pada masa perpanjangan PPKM Darurat, pemerintah akan mulai merelaksasi aturan tersebut pada 26 Juli 2021.

"Kita selalu memantau, memahami dinamika di lapangan, dan mendengar suara-suara masyarakat terdampak PPKM," ujar Jokowi dalam keterangannya, dikutip Rabu (21/7/2021).

Nantinya, relaksasi PPKM akan dilakukan dengan cara melakukan pembukaan sektor usaha, khususnya usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM), secara bertahap.

Baca juga: Semester I-2021, Laba Bersih Mandiri Sekuritas Meroket 201 Persen

Jokowi menyebutkan sejumlah sektor usaha kecil yang nantinya dapat kembali beroperasi yaitu pedagang kaki lima, toko kelontong, agen/outlet voucher, pangkas rambut, laundry, pedagang asongan, bengkel kecil, hingga usaha cuci kendaraan.

Usaha kecil lain yang sejenis, diizinkan buka dengan protokol kesehatan ketat sampai dengan pukul 21.00 yang pengaturan teknisnya diatur oleh pemerintah daerah.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Selain pembukaan usaha, pada periode relaksasi PPKM, pemerintah juga akan memperpanajang jam operasional pasar tradisional yang menjual kebutuhan sehari-hari hingga pukul 20.00, dengan kapasitas pengunjung 50 persen.

Sementara untuk pasar tradisional yang menjual kebutuhan pokok sehari-hari, diizinkan dibuka sampai dengan pukul 15.00 dengan kapasitas maksimal 50 persen, dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat.

Baca juga: Daftar Pelonggaran PPKM Darurat di 26 Juli Jika Kasus Covid-19 Turun

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.