Rektor UI Ari Kuncoro Mundur dari Komisaris, BRI: Akan Menindaklanjuti Sesuai Ketentuan...

Kompas.com - 22/07/2021, 13:14 WIB
Prof Ari Kuncoro, SE, MA, PhD yang terpilih sebagai Rektor Universitas Indonesia (UI) periode 2019-2024. Dok. Universitas IndonesiaProf Ari Kuncoro, SE, MA, PhD yang terpilih sebagai Rektor Universitas Indonesia (UI) periode 2019-2024.

JAKARTA, KOMPAS.com - Rektor Universitas Indonesia, Ari Kuncoro, mememutuskan untuk mengundurkan diri dari posisi Wakli Komisaris Utama PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI.

Dilansir dari surat keterbukaan informasi yang disampaikan BRI ke Bursa Efek Indonesia (BEI), Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) disebut telah menerima surat pengunduran diri Ari Kuncoro dari Wakil Komisaris Utama sekaligus Komisaris Independen BRI.

"Kementerian BUMN telah menerima surat pengunduran diri Sdr. Ari Kuncoro dari jabatannya selaku Wakil Komisaris Utama/Komisaris Independen Perseroan per tanggal 21 Juli 2021," tulis surat tersebut, dikutip Kamis (22/7/2021).

Baca juga: Profil Rektor UI Ari Kuncoro dan Sepak Terjangnya

Dalam surat yang ditandangani oleh Corporate Secretary BRI Aestika Oryza Gunarto itu, BRI akan menindaklanjuti surat pengunduran Ari sesuai ketentuan yang berlaku.

"Perseroan akan menindaklanjuti sesuai ketentuan dan prosedur," sebutnya.

Sebagaimana diketahui, nama Ari Kuncoro tengah menjadi sorotan setelah dirinya diketahui merangkap jabatan sebagai komisaris BRI.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sejumlah pihak menilai rangkap jabatan Ari Kuncoro sebagai Rektor UI dan Wakil Komisaris Utama BUMN merupakan bentuk malaadministrasi karena bertentangan dengan Pasal 35 huruf c Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 68 Tahun 2013 tentang Statuta UI.

Polemik semakin mengemuka dengan adanya perubahan Statuta UI, setelah pemerintah merevisi Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 68 Tahun 2013 dengan menerbitkan PP Nomor 75 Tahun 2021.

Baca juga: Per Semester I 2021, BRI Telah Salurkan KUR Rp 84,8 Triliun



Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X