PPKM Level 4 Diperpanjang Lagi, Bagaimana Realisasi Pencairan Bansos?

Kompas.com - 03/08/2021, 08:10 WIB
Warga menunjukkan uang bantuan sosial tunai atau BST usai mengambil di ATM Bank DKI, Jakarta, Selasa (20/7/2021). ANTARA FOTOWarga menunjukkan uang bantuan sosial tunai atau BST usai mengambil di ATM Bank DKI, Jakarta, Selasa (20/7/2021).

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah memutuskan untuk memperpanjang pelaksanaan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 4 di 21 provinsi dengan 25 kabupaten/kota di luar Pulau Jawa-Bali.

Hal tersebut seiring masih tingginya angka penularan varian Delta, sehingga PPKM pada daerah-daerah itu diperpanjang hingga tanggal 9 Agustus 2021.

Seiring dengan diperpanjangnya aturan pembatasan tersebut, Presiden Joko Widodo memastikan, pemerintah akan terus menggulirkan bantuan sosial (bansos).

Baca juga: Kapan Bantuan Rp 1,2 Juta Buat PKL hingga Warteg Cair? Ini Jawaban Menko Airlangga

"Untuk mengurangi beban masyarakat akibat berbagai pembatasan mobilitas dan aktivitas sosial ekonomi, pemerintah tetap mendorong percepatan dalam penyaluran bantuan sosial, bansos, untuk masyarakat," kata Jokowi, Senin (2/8/2021).

Sementara itu, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan, sejak diberlakukannya PPKM Darurat, penyaluran bansos terus dilakukan.

Ia pun melaporkan, sampai dengan Juli 2021, bansos berupa program keluarga harapan (PKH) telah terealisasi Rp 5,15 triliun untuk 7,44 juta keluarga penerima manfaat (KPM).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Kemudian, untuk program kartu sembako sampai dengan Juli telah terealisasi Rp 9,4 triliun untuk 15,67 juta KPM,” ujarnya.

Sementara untuk program bantuan langsung tunai (BLT) desa telah realisasi Rp 1,48 triliun untuk 2,18 juta KPM.

“Demikian juga untuk bantuan subsidi upah (BSU) sudah mulai berjalan, dan Program Banpres Produktif Usaha Mikro (BPUM) sudah mulai diluncurkan oleh Presiden pada 30 Juli lalu,” ucap Airlangga.

Baca juga: PPKM Diperpanjang Sampai Tanggal Berapa? Ini Informasi Terbarunya




Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.