Kapan Bantuan Rp 1,2 Juta Buat PKL hingga Warteg Cair? Ini Jawaban Menko Airlangga

Kompas.com - 02/08/2021, 21:06 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan, bantuan produktif Rp 1,2 juta untuk usaha super mikro seperti Pedagang Kaki Lima (PKL) dan warteg sedang dalam tahap finalisasi.

Mantan Menteri Perindustrian itu mengungkap, saat ini pemerintah sedang menyiapkan regulasinya sebelum merealisasikan bantuan tersebut.

"Ini pemerintah mendorong percepatan penyaluran bantuan sosial untuk masyarakat, dan bantuan ini sedang difinalisasi dan diharapkan sudah bisa langsung menjalankan melalui TNI/Polri," kata Airlangga dalam konferensi pers, Senin (2/8/2021)..

Baca juga: Bagi Warteg dan PKL, Siapkan Dokumen Ini untuk Dapat BLT Rp 1,2 Juta

Adapun program ini adalah program tambahan dari banpres produktif UMKM (BPUM). Program menyasar kepada 1 juta pelaku usaha super mikro dengan nominal bantuan Rp 1,2 juta/pelaku usaha. Mekanisme pencairan masih dibahas secara rinci.

Rencananya, pelaksanaan bakal disalurkan melalui koordinasi TNI/Polri. Mekanisme lebih lanjut bakal diatur lewat pedoman umum petunjuk teknis, dengan pendampingan oleh Kementerian Keuangan (Kemenkeu) dan BPKP.

"Ini regulasinya sudah disiapkan dan ini akan dibagikan Rp 1,2 juta per orang untuk 1 juta target (penerima)," beber Airlangga.

Sebelumnya, Ketua Umum Partai Golkar ini sempat menyebut, bantuan hanya diberikan kepada pelaku usaha terdampak pandemi Covid-19 di wilayah PPKM Level 4.

Pelaku usaha super mikro ini bakal didata oleh Babinsa/Babinkamtibmas. Pelaku usaha perlu melampirkan data izin usaha, lokasi usaha, dan NIK.

Baca juga: Pemerintah Siapkan Bantuan Rp 1,2 Juta buat PKL hingga Warteg

"(Penyerahan) bantuan lebih sederhana, dalam bentuk tanda terima bagi penerima bantuan, warung, PKL, disertai dokumentasi foto yang memadai. Dan data NIK ini mendapat cleansing atau pembersihan data melalui BPKP. NIK sejalan dengan data di Kemendagri," jelas Airlangga.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.