Simak Syarat Memasuki Indonesia dari Luar Negeri yang Berlaku Mulai Hari Ini

Kompas.com - 11/08/2021, 13:08 WIB
Pekerja migran Indonesia yang diantar jemput dengan bus Damri DOK. DAMRIPekerja migran Indonesia yang diantar jemput dengan bus Damri

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mengatur beberapa syarat perjalanan internasional untuk Warga Negara Indonesia (WNI) dan Warga Negara Asing (WNA).

Aturan yang tercantum dalam Surat Edaran Nomor SE 63 Tahun 2021, berlaku mulai hari ini, Rabu (11/8/2021).

Direktur Jenderal Perhubungan Udara Novie Riyanto mengatakan, aturan ini dibuat untuk mencegah terjadinya peningkatan penularan Covid-19, termasuk varian virus yang telah bermutasi menjadi varian Alpha, varian Beta, varian Delta, dan varian Gamma.

Baca juga: Serikat Karyawan Garuda: Syarat Perjalanan Masih Diskriminatif

“Saya mengimbau para calon penumpang dapat menyesuaikan persyaratan terbaru perjalanan internasional dengan membaca secara lengkap Surat Edaran Nomor 63 Tahun 2021, sehingga ketika dilakukan pemeriksaan dokumen oleh petugas di bandara, maka sudah lengkap," kata Novie Riyanto dalam siaran pers.

Sama seperti sebelumnya, WNI yang melakukan perjalanan dari luar negeri diizinkan memasuki Indonesia dengan tetap mengikuti protokol kesehatan ketat. Sedangkan WNA masih dilarang memasuki wilayah Indonesia.

"Larangan memasuki wilayah Indonesia, baik secara langsung maupun transit di negara asing tetap diberlakukan bagi pelaku perjalanan internasional yang berstatus Warga Negara Asing (WNA) kecuali yang memenuhi kriteria sesuai ketentuan Permenkumham No. 27 Tahun 2021, skema perjanjian bilateral Travel Corridor Arrangement dan atau mendapatkan izin khusus secara tertulis dari Kementerian/Lembaga," ujar Novie.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Kendati diizinkan masuk, seluruh pelaku perjalanan internasional wajib menunjukkan kartu vaksin atau sertifikat vaksin yang menyatakan telah menerima vaksin Covid-19 dosis lengkap.

Jika belum mendapat vaksin di luar negeri, maka pelaku perjalanan dari luar negeri ini akan divaksin di tempat karantina setibanya di Indonesia. Vaksin pun diberikan setelah dilakukan pemeriksaan RT-PCR kedua dengan hasil negatif.

Baca juga: Simak Syarat Perjalanan untuk Penumpang Kereta di Daerah PPKM Level 1-4

"Untuk WNA dengan ketentuan berusia 12 - 17 tahun, pemegang izin tinggal diplomatik dan izin tinggal dinas, pemegang Kitas, Kitap, dan WNA yang sudah berada di Indonesia, wajib melakukan vaksinasi melalui skema program gotong royong sesuai peraturan perundang-undangan," ucap Novie.

Perlu diingat, kewajiban menunjukkan kartu vaksin Covid-19 dikecualikan untuk beberapa orang. Mereka yang dikecualikan, adalah:

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.