Kompas.com - Diperbarui 18/10/2021, 15:10 WIB
Apa itu UKM, UKM adalah usaha kecil KOMPAS.com / KRISTIANTO PURNOMOApa itu UKM, UKM adalah usaha kecil

KOMPAS.com - UKM adalah istilah yang barangkali sudah tak asing lagi di telinga. Singkatan dari UKM adalah usaha kecil dan menengah. Lalu apa itu UKM dan bagaiamana klasifikasi sebuah usaha agar disebut sebagai UKM?

Usaha UKM terdiri dari dua jenis yakni usaha kecil dan usaha menengah. Keduanya merupakan usaha yang paling dominan dan paling besar menyerap tenaga kerja di Indonesia.

UKM adalah

Merujuk pada Kepres Nomor 99 Tahun 1998, UKM adalah kegiatan ekonomi rakyat yang berskala kecil dengan bidang usaha yang secara mayoritas merupakan kegiatan usaha kecil dan perlu dilindungi untuk mencegah dari persaingan usaha yang tidak sehat

Sementara dalam UU Nomor 20 Tahun 2008, UKM adalah usaha ekonomi produktif yang berdiri sendiri, yang dilakukan oleh orang perorangan atau badan usaha yang bukan merupakan anak perusahaan atau bukan cabang perusahaan yang dimiliki, dikuasai, atau menjadi bagian baik langsung maupun tidak langsung dari usaha menengah atau usaha besar yang memenuhi kriteria usaha kecil.

Baca juga: Apa itu UMKM dan Kriterianya?

Dalam UU tersebut disebutkan, bahwa suatu bisnis disebut sebagai usaha kecil dan menengah apabila memenuhi kriteria sebagai berikut:

Usaha kecil

  • Memiliki kekayaan bersih lebih dari Rp 50 juta sampai dengan Rp 500 juta, tidak termasuk tanah dan bangunan tempat usaha.
  • Memiliki omzet penjualan lebih dari Rp 300 juta sampai dengan paling banyak Rp 2,5 miliar dalam setahun

Usaha menengah

  • Memiliki kekayaan bersih lebih dari Rp 500 juta sampai dengan Rp 10 miliar, tidak termasuk tanah dan bangunan tempat usaha.
  • Memiliki omzet penjualan lebih dari Rp 2,5 miliar sampai dengan paling banyak Rp 50 miliar dalam setahun

Apabila sebuah usaha memiliki omzet dan kekayaan bersih di bawah klasifikasi usaha kecil, maka disebut sebagai usaha mikro.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sebaliknya apabila jenis usaha memiliki klasifikasi omzet dan kekayaan bersih di atas usaha menengah, maka sesuai aturan disebut sebagai usaha besar.

Baca juga: Apa Itu Invoice dan Bedanya dengan Nota maupun Kuitansi?

Tujuan dari klasifikasi usaha oleh pemerintah bertujuan untuk memberikan perlindungan dan pencegahan dari persaingan usaha tidak sehat dengan usaha yang bermodal besar.

UKM adalah memiliki peran yang sangat penting di Indonesia, bahkan bisa dikatakan sebagai tulang punggung ekonomi Indonesia. Untuk itu, Pemerintah memberikan pembinaan kepada seluruh UKM melalui berbagai program, termasuk pada usaha koperasi.

Contoh UKM adalah kerajinan tanganKOMPAS.COM/MOHAMAD IQBAL FAHMI Contoh UKM adalah kerajinan tangan

Tak hanya itu, saat dan setelah krisis moneter UKM adallah berkontibusi dalam perekonomian Indonesia. UKM adalah tulang punggung perekonomian karena secara alamiah lebih dinamis ketimbang perusahaan besar.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.