Terdampak Covid, Pemain Bisnis Audio dan Pencahayaan Lokal Optimistis akan Bangkit pada 2022

Kompas.com - 20/08/2021, 20:40 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com – Bisnis audio, lighting (pencahayaan), dan visual diyakini akan membaik pada 2022 setelah sejak tahun lalu sampai saat ini terdampak pandemi Covid-19.

Isro Izzi, owner QA Electronic yang menjadi salah satu pelaku industri tersebut menilai redupnya bisnis hiburan akibat pandemi Covid-19 sejak Maret 2020 berdampak besar pada kegiatan usaha di bisnis professional audio, lighting, dan visual.

“Tahun 2020, penjualan kami melemah. Bisnis yang terkait dengan industri hiburan kan tiarap,” ungkap Isro Izzi dalam keterangan persnya, Jumat (20/8/2021).

Baca juga: Sandiaga Uno Bagikan Rahasia agar Bisnis Mampu Bertahan di Masa Pandemi

Meski begitu, Isro Izzi optimistis tahun depan bisnis audio dan visual akan kembali bergairah.

“Bersyukur, pemerintah sepertinya mulai bisa mengendalikan pandemi. Kalau bisa bertahan seperti sekarang, tahun depan mungkin izin keramaian yang terkait dengan industri hiburan akan kembali bergairah.”

Menurut Isro Izzi, pandemi Covid-19 di satu sisi memang jelas memukul kegiatan usaha di berbagai sektor. Namun, di sisi lain, hal itu bisa menjadi peluang bagi pelaku usaha tertentu.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Brand Lokal

Menurut Isro, belum banyak brand lokal yang menjalankan bisnis professional audio lighting dan visual. Saat ini brand asing masih menguasai pasar.

"Tapi, alhamdulillah, QA Electronic salah satu dari sedikit brand lokal yang mampu bersaing dengan nama-nama besar dari luar itu,” terang dia.

Salah satu yang membuat bangga Isro Izzi adalah mic edisi khusus QA Electronic dipilih untuk digunakan dalam perayaan Hari Kemerdekaan ke-76 Indonesia di Istana Merdeka, Selasa 17 Agustus 2021.

“Sebagai brand lokal, tentu kami senang bisa ambil bagian dalam perayaan hari bersejarah bagi bangsa kita.”

Handheld wireless microphone QA Electronic tersebut dirancang khusus untuk penyanyi Andmesh Kamaleng yang tampil pada acara Peringatan Detik Detik Proklamasi Kemerdekaan Indonesia dan penurunan Bendera Merah Putih.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.