Tips Menjawab Pertanyaan Wawancara Kerja soal Kelemahan Diri

Kompas.com - 05/09/2021, 20:00 WIB
Kelengkapan CV memperbesar peluang seseorang dipanggil untuk wawancara kerja. SHUTTERSTOCKKelengkapan CV memperbesar peluang seseorang dipanggil untuk wawancara kerja.

JAKARTA, KOMPAS.com - “Apa kelemahan yang ada pada dirimu?” Pernah mendapat pertanyaan seperti itu? Umumnya ditanyakan ketika wawancara kerja atau interview.

Pertanyaan sederhana, tetapi terkadang jawabannya susah minta ampun bagi sebagian orang. Sebab, belum sepenuhnya mengenali diri sendiri atau tidak tahu kelemahan atau kekurangan diri meskipun sebenarnya sangat banyak.

Jika kamu menemukan pertanyaan tersebut saat wawancara kerja, berikut tips menjawabnya seperti dikutip dari Cermati.com:

1. Tak perlu berbohong

Menyampaikan kelemahan diri bukan sesuatu yang mengenakkan. Terkadang, kamu khawatir atau takut bila kelemahan ini malah membuatmu ditolak perusahaan.

Baca juga: Pilihan Investasi dengan Modal Rp 10.000

Namun begitu pertanyaan tersebut dilontarkan kepadamu, kamu harus mampu menjawabnya. Tak perlu berbohong, katakan saja dengan jujur.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Pilih tiga kelemahan yang dimiliki orang pada umumnya dan menjadi kelemahanmu, seperti pelupa, cengeng, dan mudah panik.

2. Pilih kelemahan yang tidak berkaitan dengan pekerjaan

Jika ingin mengenal diri lebih dalam, kamu pasti akan menemukan banyak kelemahan. Dalam wawancara, kamu tidak perlu mengungkapkan semuanya.

Sebutkan tiga, itu sudah lebih dari cukup untuk mewakili dirimu yang sebenarnya. Pastikan tiga kelemahan tersebut tidak ada kaitannya dengan pekerjaan atau bidang yang kamu lamar.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.