Kompas.com - 05/09/2021, 16:01 WIB
Ilustrasi miliarder. SHUTTERSTOCKIlustrasi miliarder.

JAKARTA, KOMPAS.com - Menjadi kaya adalah impian banyak orang. Kekayaan bisa diraih meskipun status kamu karyawan dengan gaji pas-pasan.

Tidak ada yang mustahil di dunia ini. Kehidupan bak roda yang terus berputar. Mungkin saat ini kamu ada di bawah. Kerja keras bagai kuda untuk membiayai kebutuhan.

Kemudian lima atau 10 tahun ke depan, nasibmu berubah. Menjadi "sultan", jutawan, atau hartawan. Tinggal menikmati hasil jerih payah sambil rebahan.

Bukan hanya perjuangan banting tulang yang bisa membuatmu kaya raya. Namun juga usahamu dalam menata keuangan sedari dini walau gaji pas-pasan.

Artinya kamu piawai mengalokasikan penghasilan untuk kebutuhan masa depan. Tidak hanya memikirkan hari ini, boros dalam membelanjakan uang.

Baca juga: Kuota Kartu Prakerja Gelombang 20 800.000 , Daftar di Prakerja.go.id

Berikut cara cerdas menata keuangan bagi kamu yang bergaji pas-pasan agar cita-cita jadi "sultan" tercapai, seperti dikutip dari Cermati.com:

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

1. Investasi jangka panjang, dimulai sedini mungkin

Sudah tak diragukan lagi bila investasi adalah salah satu cara tepat untuk melipatgandakan uang. Duit diputar investasi dalam jangka panjang, maka hasilnya akan maksimal.

Sebagai contoh gaji Rp 4 juta per bulan. Saban bulan, alokasi dana untuk investasi 10 persen atau Rp 400 ribu.

Ditaruh di instrumen reksadana pendapatan tetap dengan return sekitar tujuh sampai delapan persen per tahun. Jika kamu konsisten investasi selama 10 tahun, maka uang akan berkembang menjadi Rp 70 juta hingga Rp 74 juta.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.