Disomasi Karena Memfasilitasi Restoran Jual Daging Anjing, Ini Kata Shopee

Kompas.com - 06/09/2021, 17:00 WIB
Ilustrasi ShopeeFood ShopeeIlustrasi ShopeeFood

JAKARTA, KOMPAS.com - ShopeeFood bersama platform lainnya seperti GrabFood, GoFood dan Traveloka Eats, disomasi oleh Animal Defenders Indonesia (ADI) lantaran memfasilitasi restoran yang menjual hidangan daging anjing.

Menanggapi hal itu, Head of Public Affairs Shopee Indonesi Radynal Nataprawira mengatakan, penjualan daging hewan peliharaan, termasuk daging anjing melanggar kebijakan yang telah diterapkan di ShopeeFood.

Oleh sebab itu, pihaknya telah menindak tegas seller yang menjual daging anjing di dalam platform ShopeeFood.

Baca juga: Simak, Begini Cara Daftar dan Menggunakan Shopee Seller Center

"Kami telah mengambil langkah tegas dengan menghapus beragam jenis nama menu hasil olahan daging hewan peliharaan maupun liar," ujar Radynal saat dihubungi Kompas.com, Senin (6/9/2021).

Menurut dia, tindakan tersebut diambil sesuai dengan kebijakan ShopeeFood yang secara khusus mengatur menu makanan dan minuman apa saja yang dilarang untuk dijual di ShopeeFood. "Ini juga termasuk menu yang berasal dari hewan peliharaan, langka, liar, maupun berbahaya menurut undang-undang pemerintah," ungkapnya.

Selain itu, Radynal juga mengatakan, pihaknya secara rutin akan mengedukasi merchant mengenai kebijakan tersebut serta secara aktif melakukan pengawasan menu konten yang ketat.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Bagi merchant yang melakukan pelanggaran, kami akan segera memberikan sanksi mulai dari penghapusan menu, penutupan merchant secara sementara, hingga permanen," katanya.

Baca juga: Luhut Ketemu Bos Shopee, Bahas Apa?

Dia menambahkan, para pengguna juga dapat turut aktif melaporkan restoran yang melanggar kebijakan menu dan konten melalui tim Customer Service di 150072, email di support@shopee.co.id, atau chat melalui aplikasi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.