Hingga 6 September 2021, Penyaluran KUR Capai Rp 176,92 Triliun

Kompas.com - 09/09/2021, 22:00 WIB
Menteri Koordinator Perekonomian Airlangga Hartarto saat memberikan sambutan peresmian vaksinasi Covid-19 untuk ibu hamil di Balai Kota DKI Jakarta, Kamis Dok YouTube PP POGIMenteri Koordinator Perekonomian Airlangga Hartarto saat memberikan sambutan peresmian vaksinasi Covid-19 untuk ibu hamil di Balai Kota DKI Jakarta, Kamis
Penulis Yoga Sukmana
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah mengungkapkan Kredit Usaha Rakyat (KUR) 2021 sudah disalurkan kepada 4,73 juta debitur dengan nilai mencapai Rp 176,92 triliun hingga 6 September 2021.

Realisasi tersebut setara 69,93 persen dari target tahun 2021 sebesar Rp 253 triliun atau 62,08 persen dari target perubahan tahun 2021 sebesar Rp 285 triliun.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartanto mendorong Pemerintah Daerah serta lembaga penyalur KUR dan penjamin KUR untuk menggenjot penyaluran KUR dalam rangka untuk mempercepat pemulihan ekonomi nasional.

Baca juga: Cara Daftar Vaksinasi Covid-19 di Bandara Soekarno-Hatta

“Peningkatan aktivitas ekonomi tercermin dari peningkatan permintaan KUR,” ujar Airlangga Hartanto saat menghadiri kegiatan Penyaluran KUR Klaster di Kota Medan, Sumatera Utara, seperti dikutip Kompas.com dari siaran pers, Jakarta, Kamis (9/9/2021).

Pemerintah menyampaikan bahwa program KUR menjadi salah satu solusi dalam meningkatkan daya tahan UMKM selama masa pandemi.Oleh karena itu, penyaluran KUS selama pandemi sangat penting.

Realisasi KUR pada masa pandemi tahun 2020 tercatat sebesar Rp 198,53 triliun, lebih besar dibandingkan masa pra Covid-19 tahun 2019 yang hanya Rp 140,1 triliun.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Deputi Bidang Koordinasi Ekonomi Makro dan Keuangan Iskandar Simorangkir mengatakan,  pemerintah sudah mengeluarkan relaksasi kebijakan KUR. 

Relaksasi tersebut meliputi peningkatan KUR tanpa agunan tambahan dari Rp 50 juta menjadi Rp 100 juta, tambahan subisidi bunga KUR sebesar 6 persen pada 2020 dan 3 persen pada tahun 2021, penundaan pembayaran angsuran pokok KUR, perpanjangan jangka waktu dan penambahan limit KUR serta relaksasi persyaratan administrasi.

Baca juga: Ukraina Bakal Legalkan Bitcoin, Namun Tak Sebagai Alat Transaksi

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.