Incar Pasar Ekspor, Produsen Buah Lokal Ikut Pameran ke Eropa

Kompas.com - 20/09/2021, 17:00 WIB
Mangga kaya akan vitamin A dan C, kalium, dan serat. PEXELS/RIKI RISNANDARMangga kaya akan vitamin A dan C, kalium, dan serat.

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Pertanian (Kementan) melakukan eksibisi potensi buah segar Indonesia ke pasar Eropa.

Kegiatan itu dilakukan, sebab buah segar menjadi salah satu di antara 5 komoditas primadona dari Indonesia yang dibawa ke Brussel Belgia untuk dipamerkan dalam event Discover Indonesian Super Foods and Drinks.

Salah satu eksportir buah Mangga Gadung asal Pasuruan, Jawa Timur, Muhid mengatakan, Indonesia sudah sejak lama dikenal sebagai pemasok buah segar ke pasar mancanegara.

Baca juga: Mendag: Nilai Ekspor RI pada Agustus 2021 Tertinggi Sepanjang Sejarah

"Singapura, Malaysia dan Arab Saudi adalah negara-negara pengimpor buah asal Indonesia. Jadi memang potensi buah segar kita sangat besar sekali," kata Muhid dalam siaran resminya, dikutip Kompas.com, Senin (20/9/2021).

Ia pun menyampaikan terimakasih atas perhatian besar pemerintah, dalam hal ini Kementerian Pertanian yang membawa buah lokal ke pameran dan forum internasional di Belgia.

"Kami petani dan eksportir buah merasa sangat terbantu sekali dengan upaya pemerintah yang memamerkan buah kita ke Eropa. Semoga buah nasional semakin jaya," katanya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Muhid menambahkan, sejauh ini ada 4 Kecamatan yang memproduksi buah mangga berkualitas tinggi di wilayah Pasuruan. Di antaranya Kecamatan Rembang yang memiliki luas tanam 850 hektar, Kecamatan Bangil 50 hektar, Kecamatan Pasuruan 100 hektar dan Kecamatan Sukorejo 500 hektar.

Baca juga: Lewat Program Ini, 3 Pebisnis Lokal Berhasil Lakukan Ekspor Perdana

"Ke depan saya berharap petani di 4 kecamatan ini bisa mengekspor melalui 1 pintu. Jadi tidak melalui perantara. Langkah ini penting dilakukan untuk meningkatkan kesejahteraan petani buah di Pasuruan," Muhid.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.