Hasil Investigasi Kebakaran Tangki Balongan, Pertamina: Diduga Tersambar Petir

Kompas.com - 29/09/2021, 17:01 WIB
Kilang Balongan dok PGNKilang Balongan

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Pertamina (Persero) telah menyelesaikan investigasi penyebab kebakaran tangki penyimpanan (storage) di Kilang Balongan yang terjadi pada 29 Maret 2021 lalu. Hasilnya, perusahaan menduga empat tangki yang meledak akibat tersambar petir.

Direktur Utama PT Kilang Pertamina Internasional Djoko Priyono mengatakan, ada empat tangki yang terbakar di Kilang Balongan yakni 42-T-301 E, F, G, dan H. Namun, ledakan berawal dari tangki G yang kemudian merembet ke tiga tangki lainnya.

Ia bilang, ada empat pihak yang melakukan investigasi untuk mencari tahu penyebab kebarakan yakni Balai Besar Teknologi Kekuatan Struktur (B2TKS) yang berada di bawah BPPT, Pusat Penelitian Petir LAPI ITB, Ditjen Migas Kementerian ESDM, dan lembaga internasional Det Norske Veritas (DNV).

Baca juga: Soal Kebakaran Kilang, Anggota DPR Ini Minta Investigasi Menyeluruh, Bukan Asal Pecat

"Mayoritas hasil investigasi menyebutkan telah terjadi kebocoran di dinding tangki G dengan penyebab yang berbeda-beda dari setiap hasil investigasinya," ujar Djoko dalam rapat dengan Komisi VII DPR RI, Rabu (29/9/2021).

Meski hasil investigasi berbeda-beda, namun Pertamina mengambil kesimpulan dari hasil tersebut beserta analisis dari tim internal perusahaan.

Terkait penyebab kebocoran, kata Djoko, akibat terjadinya sambaran petir travelling pada pukul 23.09 WIB yang menyebabkan degradasi pada dinding/plat atau las-lasan di tangki G.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Hal itu menyebabkan penurunan penipisan dinding/plat atau las-lasan tangki G, disusul dengan robek dan bocornya dinding tersebut akibat tekanan mekanik dari dalam tangki yang telah terisi BBM pada level mendekati penuh.

Sementara, untuk penyebab kebakaran, Pertamina menyimpulkan akibat sambaran petir atau induksi pada tangki G yang berdampak terjadinya segitiga api yaitu udara oksigen, vapor hydrocarbon, dan sambaran petir.

Baca juga: MK Tolak Uji Materi SP Pertamina soal Privatisasi

Berikut hasil investigasi keempat lembaga dari sisi penyebab kebocoran tangki:

1. B2TKS

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.