Bangka Belitung Ingin Impor Sapi Langsung dari Australia

Kompas.com - 06/10/2021, 11:06 WIB
Ilustrasi sapi brahman. SHUTTERSTOCK/NUKOONIlustrasi sapi brahman.

BANGKA, KOMPAS.com - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kepulauan Bangka Belitung menilai jalur distribusi sapi impor terlalu berbelit sehingga daerah tidak diuntungkan.

Untuk itu, Pemprov Babel berencana melibatkan pengusaha setempat agar melakukan impor sapi langsung dari Australia.

Selama ini pengadaan sapi impor untuk kebutuhan masyarakat Kepulauan Bangka Belitung harus transit terlebih dahulu di daerah Lampung.

Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Erzaldi Rosman mengatakan, pihaknya mendorong importir lokal untuk bertransaksi langsung dengan Australia untuk pengadaan sapi konsumsi dan budidaya.

Baca juga: Daging Sapi dan Beras Premium Akan Dikenakan PPN

Jika rencana impor sapi jenis BX (Brahman Cross) dari Negeri Kanguru berjalan lancar, Babel akan mendapatkan banyak manfaat.

Seperti pengendalian harga daging sapi, serta akan menurunkan ketergantungan terhadap daging sapi dari daerah luar, yang selama ini didatangkan dari Lampung.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Hari ini kami rapat merencanakan impor sapi dari Australia secara langsung. Kenapa kita melakukan ini, kita berharap harga sapi terkendali dan melepas ketergantungan terhadap sapi dari daerah lain. Kita bisa mengelola sendiri," ujar Erzaldi di kantor gubernur, Selasa (5/10/2021).

Erzaldi juga menyoroti manfaat jangka panjang dari impor sapi ini.

Babel dapat mengembangkan budidaya sapi, sehingga berdampak pada pembukaan lapangan kerja, dengan mempersiapkan segala keperluan yang harus dipenuhi sesuai persyaratan yang ditetapkan Balai Karantina.

"Sehingga target kita untuk swasembada sapi hasil dari mengelola dan mengembangbiakkan sapi lokal kita ini, bisa berlangsung lebih cepat ketimbang kita membeli sapi dari daerah lain yang notabene mereka impor juga," ungkapnya.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.