Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hari Ini Terakhir bagi Peserta Kartu Prakerja Gelombang 20 Beli Pelatihan Pertama

Kompas.com - 14/10/2021, 08:04 WIB
Fika Nurul Ulya,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Hari ini, Kamis (14/10/2021), adalah hari terakhir membeli pelatihan pertama untuk peserta yang lolos seleksi Kartu Prakerja gelombang 20.

Jika kamu salah satunya, segera beli pelatihan pertama sekarang juga. Manajemen Kartu Prakerja mengungkapkan, pembelian pertama hanya sampai malam ini pukul 23.59 WIB.

"Batas akhir pembelian pelatihan pertama bagi penerima Kartu Prakerja gelombang 20 adalah tanggal 14 Oktober 2021 pukul 23.59 WIB," tulis manajemen Kartu Prakerja melalui laman Instagram, dikutip Kompas.com, Kamis (14/10/2021).

Baca juga: Ini Tips bagi Peserta Kartu Prakerja agar Dapat Pekerjaan dengan Gaji Layak

Manajemen menjelaskan, ada konsekuensi yang akan kamu terima bila saldo pelatihan yang sudah tersedia tidak dimanfaatkan untuk membeli pelatihan pertama sampai hari ini.

Berdasarkan aturan, yakni Peraturan Menko Perekonomian Nomor 11 Tahun 2020, peserta yang tidak membeli pelatihan pertama selama 30 hari dari tanggal penetapan lolos secara otomatis akan dikeluarkan dari penerima Kartu Prakerja.

Dengan begitu, kamu tidak akan mendapat insentif Rp 600.000 selama 4 bulan.

Kepesertaanmu akan diganti dengan peserta lain dalam proses seleksi selanjutnya. Kamu pun tidak dapat mengikuti proses seleksi kembali. Dengan demikian, segala insentif yang seharusnya kamu dapatkan justru hangus.

"Bila sobat tidak membeli pelatihan pertama sampai pada batas akhir, maka kepesertaan sobat dalam program Kartu Prakerja akan dicabut dan tidak akan menerima insentif," tulis manajemen.

Sebagai informasi, manajemen Kartu Prakerja telah bekerja sama dengan 7 platform pelatihan yang bisa kamu pilih selama 30 hari pertama untuk membeli pelatihan pertama.

Baca juga: Peserta Kartu Prakerja Gelombang 20 Segera Beli Pelatihan Pertama

Platform pelatihan tersebut adalah Bukalapak, Kemenaker, Mau Belajar Apa, Pijar Mahir, Pintaria, Karier.mu Sekolah.mu, dan Tokopedia. Kamu bisa memilih pelatihan di salah satu platform.

Biasanya, kamu akan menerima kode voucer yang disediakan setelah membeli pelatihan. Kode voucer bisa kamu cek di halaman transaksi atau di email yang terdaftar. Voucer tersebut bisa kamu tukar untuk mengikuti pelatihan. Begini caranya:

1. Beli pelatihan di salah satu mitra pelatihan

2. Pilih pelatihan yang diinginkan dan bayar dengan menggunakan 16 nomor Kartu Prakerja

3. Pastikan nomor ponsel yang terdaftar di Kartu Prakerja aktif untuk menerima kode OTP.

4. Setelah itu, kamu akan menerima voucer berisi gabungan acak huruf atau angka. Gunakan kode voucer tersebut untuk mengakses pelatihan yang dipilih.

5. Buat akun di platform pelatihan atau masuk (login) jika sudah punya akun.

6. Cari kelas yang telah kamu pilih/beli.

7. Masukkan kode voucer kemudian ikut pelatihan hingga setelah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com