Sebut Tak Ada Kericuhan Saat Demo Peternak, Kementan: Ada Sedikit Kesalahpahaman Saja

Kompas.com - 14/10/2021, 11:09 WIB
Ratusan peternak ayam dan itik bersama Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) dari empat universitas menggelar aksi unjuk rasa di sejumlah lokasi di Jakarta untuk menuntut kenaikan harga telur, Senin (11/10/2021). AntaraRatusan peternak ayam dan itik bersama Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) dari empat universitas menggelar aksi unjuk rasa di sejumlah lokasi di Jakarta untuk menuntut kenaikan harga telur, Senin (11/10/2021).

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Pertanian (Kementan) menyebutkan bahwa tidak ada kericuhan saat terjadinya aksi demonstrasi di kementerian itu, Senin (11/10/2021) lalu.

Hal itu disampaikan menanggapi pemberitaan adanya kericuhan dalam demo peternak ayam ras dan petelur untuk menyikapi kondisi harga ayam ras dan telur yang kembali mengalami penurunan hingga di bawah biaya produksi.

Aksi demo itu disebut-sebut berujung ribut saat audiensi antara pihak peternak dan Kementan.

Baca juga: Peternak Unggas Kembali Demo, Ini Penjelasan Pataka

“Memang ada diskusi yang hangat, dan ada sedikit kesalahpahaman saja. Selesai dengan baik kok. Saya kira kami tidak akan berpolemik soal tersebut. Kami fokus memperjuangkan kesejahteraan petani dan peternak mandiri,” sebut Kepala Biro Humas dan Informasi Publik Kementan Kuntoro Boga Andri dalam siaran resminya, dikutip Kompas.com, Kamis (14/10/2021).

Kuntoro menambahkan beberapa hal yang diusulkan untuk perbaikan tata kelola peternakan yang disampaikan peternak mandiri, sudah sesuai dengan arah kebijakan Kementan.

Oleh sebab itu, kata dia, Kementan akan terus mendukung upaya penyempurnaan kebijakan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Kementan tetap akan membina dengan baik para peternak mandiri, dan upaya untuk menjaga stabilitas stok protein hewani dan bahan baku pakan ternak, kami kerjakan secara simultan melalui ditjen-ditjen teknis terkait,” jelas Kuntoro.

Baca juga: Peternak Ayam: Pak Jokowi, Kalau Begini Terus Nangis, Bangkrut Kita

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.