Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kisah Satpam Naik Jabatan Jadi Supervisor Berkat Kartu Prakerja

Kompas.com - 25/10/2021, 08:40 WIB
Fabian Januarius Kuwado,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kabar buruk diterima Stevenly Rio Loginsi pada awal 2020. Rio yang ketika itu bekerja sebagai petugas satuan pengamanan (satpam) menjadi korban pemutusan hubungan kerja (PHK).

Perusahaan yang menaunginya tak sanggup lagi menjalankan roda bisnisnya akibat hantaman pandemi Covid-19 yang mulai melanda Indonesia sekitar Maret 2020.

Setelah sekitar tiga bulan kerja serabutan, Rio mendapat informasi mengenai program Kartu Prakerja yang ditawarkan pemerintah. Ia pun mendaftar.

Baca juga: Direktur PMO: Sepertiga dari Peserta Kartu Prakerja Telah Berwirausaha dan Bekerja

Pada awalnya, Rio memilih mengambil jenis pelatihan yang dapat memudahkannya berwirausaha. Pasalnya, ia khawatir usianya yang sudah menginjak 41 tahun akan membuatnya kesulitan mendapatkan kerja.

Setelah beberapa bulan menyelesaikan pelatihan dan meraih sertifikat, ia mendapat kabar sebuah perusahaan operator seluler membuka lowongan pekerjaan.

“Saya iseng-iseng daftar, turut sertakan sertifikat yang dari Kartu Prakerja,” kata Rio seperti dikutip dari laman presidenri.go.id.

Tak disangka, Rio dipanggil oleh perusahaan tersebut. Ia diwawancarai langsung oleh general manager perusahaan dan langsung ditawarkan untuk bekerja di bagian pemasangan poster produk-produk perusahaan.

Rio mengatakan, perusahaan percaya menerimanya lantaran ia memiliki sertifikat dari program Kartu Prakerja.

Buah dari ikhtiar Rio tidak berhenti sampai di situ. Setelah tiga bulan bekerja di posisi yang semula ditawarkan, ia mendapat kepercayaan naik jabatan menjadi seorang supervisor.

Kisah Rio merupakan satu dari sekian banyak kisah sukses program Kartu Prakerja.

JEO Kompas.com telah merangkum perjalanan Kartu Prakerja, mulai dari awal dicetuskannya, misi mulia di baliknya, kritik dan polemik yang timbul, hingga pencapaiannya.

Simak selengkapnya dalam artikel berikut ini: Jejak Kartu Prakerja...Misi Mulia, Polemik Hingga Pencapaiannya

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com