Volume Penjualan Semen Baturaja Tumbuh 5 Persen hingga September 2021

Kompas.com - 25/10/2021, 18:48 WIB
Semen Baturaja images.kontan.co.idSemen Baturaja

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Semen Baturaja Tbk (SMBR) mencatatkan pertumbuhan volume penjualan positif hingga kuartal III-2021. 

Hingga September 2021, realisasi penjualan SMBR mencapai 1,34 juta ton.

Vice President Corporate Secretary Semen Baturaja Doddy Irawan mengatakan, realisasi ini tumbuh 5 persen jika dibandingkan dengan volume di periode yang sama tahun lalu sebesar 1,28 juta ton.

Baca juga: Kereta Api Angkutan Semen Bermuatan 400 Ton Per Hari Resmi Diluncurkan

"Adapun realisasi penjualan SMBR periode bulan September 2021 tumbuh 6 persen jika dibandingkan dengan volume bulan Agustus," kata Doddy dalam keterangannya, Senin (25/10/2021).

Doddy menjelaskan, pertumbuhan itu selaras dengan langkah perusahaan yang mengoptimalkan penggunaan batu bara berkalori rendah, sebagai sumber yang paling ekonomis.

"Selain itu, SMBR juga memperbanyak rekanan vendor penyuplai batu bara," ujar Doddy.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dengan strategi dan realisasi tersebut, SMBR optimistis penjualan semen sampai dengan akhir 2021 dapat mencapai target yang telah ditetapkan perusahaan, yakni sebanyak 2.189.534 ton, atau meningkat 11 persen dibandingkan tahun sebelumnya.

SMBR pun menganggarkan alokasi belanja modal atau capital expenditure (capex) sebesar Rp 84,9 miliar.

Baca juga: Kembangkan Semen Ramah Lingkungan, Produsen Semen Merah Putih Gandeng GRP

Dana belanja modal tersebut digunakan untuk mendukung sejumlah agenda bisnis perseroan di tahun ini.

Doddy menyebutkan, salah satu program yang diprioritaskan SMBR ialah kegiatan penambangan untuk memastikan cadangan batu kapur, dengan mempersiapkan lahan tambang baru di Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatra Selatan yang telah memiliki progres sebesar 77,92 persen.

Selain itu, SMBR juga menyiapkan investasi untuk pengembangan program efisiensi operasional perusahaan.

Merespon capaian dan persiapan itu, Senior CSA Research Institute Reza Priyambada memproyeksi kinerja emiten SMBR itu masih akan menarik di tengah fluktuasi Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) yang terjadi selama sepekan terakhir.

Baca juga: Pengembangan Produk Jadi Strategi Semen Indonesia Dongkrak Penjualan Domestik

"Semester I tahun ini permintaan Semen Baturaja mulai meningkat, secara yoy juga meningkat dan mampu membukukan laba dari sebelumnya rugi. Ini bisa menjadi booster atau sentimen positif pelaku pasar," tutur dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.