Kompas.com - 05/12/2021, 10:56 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com – Tinggi rendahnya nilai tukar mata uang dipengaruhi banyak faktor. Itu sebabnya, semakin maju suatu negara, tidak menjamin nilai tukar uangnya semakin tinggi. 

Nilai tukar mata uang merupakan nilai yang fluktuatif dan dipengaruhi banyak faktor ekonomi seperti permintaan dan penawaran, serta sentimen pasar. 

Mata uang terendah di dunia, saat ini didominasi oleh negara-negara dari Asia dan Afrika. Salah satu penyebabnya adalah krisis ekonomi yang melanda negara-negara tersebut sejak beberapa tahun terakhir.

Berikut ini daftar 10 mata uang paling rendah di dunia tahun 2021 seperti dilansir dari Saudiscoop.com :

Baca juga: Bos Garuda Buka Suara soal Dugaan Penggelapan Gaji Karyawan

1. Bolivar Venezuela

Di posisi pertama mata uang terendah di dunia adalah bolivar Venezuela. Negara yang terletak di ujung utara wilayah Amerika Selatan memang sudah beberapa kali mengalami inflasi.

Sebelumnya, mata uang bolivar menggunakan kode VEF, namun sekarang diganti menjadi VES setelah Venezuela melakukan redenominasi pada 1 Oktober 2021. 1 dollar AS kurang lebih setara dengan 441.700 bolívar.

2. Rial Iran

Rial Iran menempati peringkat kedua sebagai mata uang terendah di dunia 2021. Kejatuhan ekonominya dimulai sejak 1979 setelah Revolusi Islam Iran, sehingga menyebabkan banyak bisnis meninggalkan Negara itu karena ketidakpastian.

Sejak itu, Iran telah menghadapi kejatuhan lebih lanjut dalam perang Iran-Irak dan sanksi nuklir. Sanksi dicabut sebentar pada tahun 2016 tetapi diberlakukan kembali dengan lebih keras pada tahun 2018. Kemudian berlaku lagi pada tahun 2020.

Baca juga: Giliran Direksi RNI Dirombak Erick Thohir, Ini Susunan Terbarunya

Untuk 1 dollar AS, setara dengan 42.250 rial. Adapun kode mata uang rial Iran adalah IRR.

3. Dong Vietnam

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.