Erick Thohir Minta Darmawan Prasodjo Perbaiki Model Bisnis PLN

Kompas.com - 06/12/2021, 17:00 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir baru saja menunjuk Darmawan Prasodjo menjadi Direktur Utama PT PLN (Persero). Ia menggantikan posisi Zulkifli Zaini di perusahaan listrik pelat merah tersebut.

Erick pun meminta Darmawan meneruskan dan meningkatkan berbagai upaya transformasi yang telah dilakukan PLN. Menurutnya, tantangan transformasi PLN ke depan tidak hanya terbatas pada perbaikan finansial perseroan.

Mantan bos Inter Milan itu mengatakan, PLN harus bisa menghadapi tantangan zaman, di mana energi yang lebih hijau dan penerapan ecolifestyle atau gaya hidup ramah lingkungan, menjadi kebutuhan utama guna menciptakan lingkungan yang berkesinambungan untuk generasi masa kini dan masa depan.

Baca juga: Erick Thohir Angkat Darmawan Prasodjo Jadi Dirut PLN

"Oleh karena itu, arahan saya agar Direktur Utama dapat memimpin PLN untuk mulai melakukan perbaikan atas model bisnis dan juga menyiapkan organisasi PLN yang lebih lean dan efektif," ujar Erick Thohir di Jakarta, Senin (6/12/2021).

Ia menekankan, PLN perlu mempersiapkan diri untuk melakukan akselerasi bisnis dalam menghadapi tren baru, seperti ekosistem kendaraan listrik. Maka, Erick Thohir berharap kepemimpinan Darmawan Prasodjo bisa menguatkan profesionalisme dan memperkokoh nilai-nilai dasar PLN

"Sehingga PLN menjadi bagian vital dalam mewujudkan Indonesia maju dan tumbuh," pungkas Erick.

Untuk diketahui, Darmawan Prasodjo sendiri bukanlah orang baru di PLN, sebelumnya ia merupakan wakil direktur utama disaat Zulkifli masih menjabat sebagai direktur utama. Ia ditunjuk menjadi wakil direktur utama pada Desember 2019 lalu.

Baca juga: Darmawan Prasodjo, Eks Timses Jokowi, Kader PDIP, Kini Jadi Dirut PLN

Sebelum tergabung di jajaran direksi perusahaan ketenagalistrikan berpelat merah itu, Darmawan juga pernah menjabat sebagai Komisaris PLN di tahun 2018-2019 lalu.

Pria kelahiran Magelang, 19 Oktober 1970 itu sebelumnya merupakan politisi Partai Demokrasi Indonesisa Perjuangan (PDI-P) yang aktif sejak 2013. Kemudian, ia menduduki kursi Deputi I Bidang Pengendalian, Pembangunan, Monitoring, dan Evaluasi Program Prioritas di Kantor Staf Presiden (KSP) pada 2015-2019.

Perjalanan karir Darmawan itu di dapat setelah menjadi Ekonom Energi yang menghabiskan lebih dari 15 tahun menempuh studi dan berkarir di Amerika Serikat (AS).

Darmawan Prasodjo sempat menjadi konsultan-peneliti di Texas A&M University dan Duke University. Pada 2012, dia kembali ke Indonesia dan memulai karir di beberapa perusahaan, antara lain sebagai Direktur di Indonesia Center for Green Economy.

Dalam hal studi, Darmawan merupakan lulusan dari Texas A&M University, mulai dari lulusan Bachelor of Computer Science pada 1994 dan Master of Computer Science pada 2000. Ia juga menyelesaikan gelar Doktor Ekonomi Terapan, Ekonomi Sumber Daya Alam di Texas A&M University kolaborasi dengan Duke University pada 2011.

Baca juga: Darmawan Prasodjo Jadi Dirut PLN, Begini Kata Serikat Pekerja

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.