Erick Thohir Angkat Eks Dirut PLN Zulkifli Zaini Jadi Komisaris PTPN

Kompas.com - 10/12/2021, 17:48 WIB
Menteri BUMN Erick Thohir mengikuti rapat kerja dengan Komisi VI DPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (2/12/2021). Rapat tersebut membahas penyampaian rencana Initial Public Offering (IPO) dan Right Issue BUMN di tahun 2021-2022. ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto/hp. ANTARAFOTO/Dhemas ReviyantoMenteri BUMN Erick Thohir mengikuti rapat kerja dengan Komisi VI DPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (2/12/2021). Rapat tersebut membahas penyampaian rencana Initial Public Offering (IPO) dan Right Issue BUMN di tahun 2021-2022. ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto/hp.

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengangkat, Zulkifli Zaini menjadi Komisaris PT Perkebunan Nusantara III (Persero) atau PTPN. Zulkifli merupakan mantan Direktur Utama PT PLN (Persero).

Penunjukan itu berdasarkan Surat Keputusan (SK) Nomor SK-398/MBU/10/2021 dan Nomor SK-399/MBU/10/2021 tanggal 10 Desember 2021 tentang Pengangkatan Komisaris Utama dan Pengangkatan Dewan Komisaris PT Perkebunan Nusantara III (Persero).

Penyerahan SK Menteri BUMN tersebut dilakukan oleh Wakil Menteri I BUMN Pahala Nugraha Mansury pada Jumat (10/12/2021).

Baca juga: Setelah Angkat Dirut Baru, Erick Thohir Rombak Jajaran Direksi PLN

Pada SK tersebut Zulkifli dipercaya menjabat sebagai Komisaris Utama merangkap Komisaris Independen PTPN. Selain itu, mengangkat Saudara Indrasari Wisnu Wardhana sebagai Komisaris PTPN.

Pahala mengatakan, dalam hal pengangkatan Dewan Komisaris PTPN, Kementerian BUMN selaku pemegang saham telah melakukan uji kepatutan dan kelayakan (fit and proper test).

“Serta telah mendapatkan persetujuan dari Tim Penilai Akhir yang diketuai oleh Presiden RI Bapak Joko Widodo,” ujarnya dalam keterangan tertulis, Jumat (10/12/2021).

Ia menjelaskan, transformasi yang saat ini dilakukan PTPN sudah baik dan harus terus berjalan, sebab dapat membantu mengoptimalkan keuntungan dan keberlanjutan bisnis (going concern) perusahaan.

Namun, tetap dibutuhkan pengawalan dan pengawasan yang baik dari dewan komisaris. Terlebih terdapat target swasembada gula kosumsi di 2024 yang harus dikerjakan PTPN.

Baca juga: Erick Thohir Ganti Dirut PT Sang Hyang Seri

“Dibutuhkan pengawalan dan pengawasan yang baik dari dewan komisaris, khususnya dalam peran PTPN Group untuk mencapai swasembada gula konsumsi,” imbuh dia.

Direktur Utama Holding Perkebunan Nusantara PTPN III Mohammad Abdul Ghani mengatakan, penetapan pejabat baru komisaris isebagai tindakan cepat untuk mengoptimalkan kinerja perusahaan melalui penguatan fungsi pengawasan agar berjalan sesuai dengan target bisnis perseroan dengan lebih baik.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.