Kompas.com - 07/12/2021, 19:15 WIB
Menteri BUMN Erick Thohir mengikuti rapat kerja dengan Komisi VI DPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (2/12/2021). Rapat tersebut membahas penyampaian rencana Initial Public Offering (IPO) dan Right Issue BUMN di tahun 2021-2022. ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto/hp. ANTARAFOTO/Dhemas ReviyantoMenteri BUMN Erick Thohir mengikuti rapat kerja dengan Komisi VI DPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (2/12/2021). Rapat tersebut membahas penyampaian rencana Initial Public Offering (IPO) dan Right Issue BUMN di tahun 2021-2022. ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto/hp.

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri BUMN Erick Thohir merombak jajaran direksi PT Sang Hyang Seri (Persero). Perubahan jajaran direksi itu dilakukan setelah PT Pertani (Persero) resmi melebur ke Sang Hyang Seri pada 2 Desember 2021.

Berdasarkan hasil Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) Sang Hyang Seri, Kementerian BUMN selaku pemegang saham mengangkat Maryono sebagai Direktur Utama Sang Hyang Seri, menggantikan Karyawan Gunarso. Sebelumnya, Maryono merupakan Direktur Utama PT Pertani.

Hal itu ditetapkan dalam Surat Keputusan Menteri BUMN Nomor: SK-380/MBU/12/2021 tentang Pemberhentian, Pengalihan Tugas, dan Pengangkatan Anggota-anggota Direksi PT Sang Hyang Seri (Persero).

Baca juga: Setelah Angkat Dirut Baru, Erick Thohir Rombak Jajaran Direksi PLN

Sementara itu, Karyawan Gunarso kini diangkat menjadi Direktur Produksi Sang Hyang Seri. Lalu diangkat pula Ferry sebagai Direktur Komersial Sang Hyang Seri dan Kaspiyah sebagai Direktur Keuangan dan SDM Sang Hyang Seri.

Wakil Menteri BUMN Pahala Nugraha Mansury mengatakan, penggabungan BUMN Pangan merupakan bagian dari rangkaian besar proses pembentukan Holding BUMN Pangan. Harapannya, penggabungan itu bisa meningkatkan peran BUMN Pangan.

"Ini merupakan bagian dari proses pembentukan Holding BUMN Pangan untuk meningkatkan ketahanan pangan Indonesia melalui revitalisasi, penyegaran, serta peningkatan kinerja yang ada di BUMN Pangan," ujarnya dalam keterangan tertulis, Selasa (7/12/20021).

Baca juga: Giliran Direksi RNI Dirombak Erick Thohir, Ini Susunan Terbarunya

Sementara itu, Maryono mengatakan, pihaknya akan menjalankan amanah memimpin Sang Hyang Seri yang saat ini memiliki potensi besar untuk diberdayakan dengan sebaik-baiknya.

"Tentu ini amanah yang harus dijalankan. Tantangan kedepan untuk pengembangan kemandirian pangan menjadi perhatian kami," kata dia.

Sebagai informasi, Maryono memiliki latar belakang karier di sektor pertanian. Ia sempat menjabat sebagai Direktur Produksi PT Pupuk Kujang sepanjang 2015-2020 dan menjadi Direktur Utama PT Pertani sepanjang 2020-2021.

Maryono meraih gelar Sarjana Jurusan Teknik Kimia dari Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta pada 1997 dan Magister Manajemen dari STIE Prasetiya Mulya Jakarta pada 2015.

Baca juga: Erick Thohir: Banyak Anak Cucu BUMN Nilainya Kecil, Nyedot Kayak Benalu

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.