Erick Thohir Tunjuk Sigit Muhartono Jadi Dirut Perindo

Kompas.com - 09/12/2021, 12:28 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir menunjuk Sigit Muhartono sebagai Direktur Utama PT Perikanan Indonesia (Persero) atau Perindo. Selain itu, jajaran komisaris dan direksi lainnya juga turut dirombak.

Mengutip keterangan resmi Perindo, Kamis (9/12/2021), perubahan jajaran direksi dan komisaris tersebut dilakukan setelah PT Perikanan Nusantara (Persero) atau Perinus resmi melebur ke Perindo pada 2 Desember 2021 lalu.

Hal ini ditetapkan dalam Surat Keputusan Menteri Nomor SK-379/MBU/12/2021 untuk pengangkatan direksi, dan Surat Keputusan Menteri Nomor SK-384/MBU/12/2021 untuk pengangkatan komisaris.

Baca juga: Erick Thohir Angkat Eks Wakil Kepala Densus 88 Budiono Sandi Jadi Komisaris RNI

Adapun Sigit Muhartono sebelumnya menjabat sebagai Direktur Utama Perinus sejak April 2021. Ia juga pernah duduk di posisi Direktur Kargo PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk pada 2016-2018 lalu.

Pada surat tersebut, Kementerian BUMN juga mengangkat Manahan Hutapea sebagai Direktur Keuangan dan Dukungan Kerja, serta mengangkat Sugi Purnoto sebagai Direktur Operasional.

Selain itu, menunjuk Muhammad Yusuf menjadi Komisaris Utama, sementara Muhammad Riza Adha Damanik dan Cecep Setiawan sebagai Komisaris, serta Johnson Sihombing dan Andre J.O Sumual sebagai Komisaris Independen.

Sigit Muhartono mengatakan, merger atau penggabungan dua BUMN Perikanan diyakini akan menciptakan semangat baru bagi Perindo untuk mengembangkan sektor perikanan Indonesia.

Baca juga: Setelah Angkat Dirut Baru, Erick Thohir Rombak Jajaran Direksi PLN

“Sudah tidak ada Perinus, tidak ada lagi Perindo yang lama, kita sudah menjadi satu, New Perindo,” ujarnya.

Menurut Sigit, merger tersebut adalah tahapan kedua menuju Holding BUMN Pangan. Adapun tahap pertama yakni perubahan dari Perum Perindo menjadi perusahaan persero.

Ia memastikan, ke depannya Perindo akan memaksimalkan potensi perikanan yang ada. Pasalnya, potensi bisnis perikanan sangat besar dari sisi kepelabuhan, penangkapan, perdagangan, bahan baku, pakan hingga budidaya ikan.

"Berharap New Perindo dapat menjadi BUMN yang mampu membawa industri perikanan berjaya demi mewujudkan ketahanan pangan nasional," pungkasnya.

Baca juga: Erick Thohir Ganti Dirut PT Sang Hyang Seri

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.