Kemenaker Selenggarakan Pelatihan Vokasi Award 2021

Kompas.com - 12/12/2021, 14:17 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Direktorat Jenderal Pembinaan Pelatihan Vokasi dan Produktivitas Kementerian Ketenagakerjaan akan mengadakan Pelatihan Vokasi Award 2021 bagi mitra dan insan pelatihan vokasi.

Dirjen Direktorat Jenderal Pembinaan Pelatihan Vokasi Dan Produktivitas (Ditjen Binalavotas), Budi Hartawan mengungkapkan, Pelatihan Vokasi Award 2021 merupakan kegiatan yang diselenggarakan Kemnaker dalam rangka memberikan penganugerahan pada Lembaga Pelatihan Kerja, Lembaga Penyelenggara Pemagangan, Lembaga Sertifikasi Profesi – P2, Instruktur, Lulusan Pelatihan Terbaik, dan Insan Pionir Vokasi Indonesia.

Baca juga: Kemenperin Gelar Pekan Vokasi Industri

“Kegiatan ini diharapkan mampu meningkatkan produktivitas dan kreativitas dari seluruh elemen pelatihan vokasi tersebut,” kata Budi dalam siaran pers, Minggu (12/12/2021).

Budi menjelaskan, selain menjadi ajang penganugerahan bagi elemen pelatihan vokasi yang sudah bekerja keras di masa pandemi, Pelatihan Vokasi Award juga menjadi agenda evaluasi agar lembaga-lembaga tersebut, instruktur, dan lulusan pelatihan terus berbenah, produktif dan berinovasi dimasa pandemi.

Pelatihan Vokasi Award ini juga diharapkan menjadi titik awal dari penguatan kelembagaan pelatihan vokasi agar lebih tertata dan tetap melakukan pelatihan serta inovasi-inovasi baru di tengah pandemi Covid-19.

Acara puncak kegiatan ini akan dilaksanakan pada tanggal 16 Desember 2021 mendatang di ICE BSD, yang juga akan memberikan apresiasi pelatihan Vokasi, yang akan ditujukan kepada Balai Latihan Kerja Unit Pelaksanaan Teknis Pusat (BLK UPTP), Balai Latihan Kerja Unit Pelaksanaan Teknis Daerah (BLK UPTD), Lembaga Pelatihan Kerja (LPK) Swasta, dan Lembaga Pelatihan Kerja Perusahaan.

Baca juga: Pendidikan Vokasi Diyakini Genjot Kualitas SDM di Sektor Industri

Kemudian, vokasi award juga akan diberikan kepada Balai Latihan Kerja Komunitas (BLKK), Perusahaan Penyelenggara Pemagangan Dalam Negeri, Penyelenggara Pemagangan di Luar Negeri (Sending Organization), Lembaga Sertifikasi Profesi – P2, Instruktur, Lulusan Pelatihan, dan Insan Pionir Vokasi Indonesia.

Penghargaan ini akan memberikan penilaian berdasarkan perbaikan sistem manajemen/birokrasi, pengembangan inovasi dan teknologi, pengembangan kualitas SDM, dan pengembangan budaya produktif.

Penentuan subjek yang layak untuk memperoleh penganugerahan Pelatihan Vokasi Award dilakukan melalui penilaian dengan variabel manajemen pelatihan, manajemen SDM dan keuangan, manajemen pemasaran, manajemen kemitraan, manajemen alumni, capaian pembangunan zona integritas, penerapan 5S dan kelengkapan proposal.

Sedangkan untuk kategori individu yakni untuk instruktur variabelnya antara lain administrasi, penilaian kinerja, penerapan 5S, kesehatan dan keselamatan kerja, penghargaan dan inovasi.

Baca juga: Kemenaker: Struktur dan Skala Upah Jamin Aspek Keadilan Pekerja

Sedangkan untuk kategori alumni antara lain kompetensi, link and match, dan entrepreneurship.

Peserta lima besar terbaik akan melakukan Focus Group Discussion (FGD) bersama Tim Dewan Juri (Kadin, HILLSI, Apindo, Kemnterian PPN/Bappenas, Lembaga Demografi FEBUI, The Prakarsa, FKLPI, LA-LPK, Kantor Staf Presiden, MASKOM, dll) dan akan diambil tiga besar yang memperoleh penilaian terbaik pada masing-masing kategori.

“Penyelenggaraan Pelatihan Vokasi Award Tahun 2021 ini akan menjadi sejarah pertama Kemnaker untuk memberikan penghargaan dalam rangka apresiasi kepada lembaga pelatihan maupun individu di tengah pandemi ini,” tegas Budi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.