Pemilik Indomaret Vs Alfamart, Siapa Paling Kaya?

Kompas.com - 16/12/2021, 21:51 WIB
Logo Indomaret dan Alfamart. TribunnewsLogo Indomaret dan Alfamart.
Penulis Isna Rifka
|

Ilustrasi pesan tiket kereta api online Indomaret.KOMPAS.COM/TEGUH PRIBADI Ilustrasi pesan tiket kereta api online Indomaret.

JAKARTA, KOMPAS.com - Indomart dan Alfamart merupakan gerai retail yang banyak di jumpai masyarakat Indonesia karena selalu membuka gerai berdekatan, bahkan bersebelahan. Tahukah kamu siapa pendirinya yang menjadi orang terkaya di Indonesia?

Baik Indomaret maupun Alfamart telah memiliki belasan ribu gerai yang tersebar di seluruh Indonesia. Keduanya saling berkompetisi dalam memberikan pelayanan terbaik untuk masyarakat dengan menjual produk lengkap hingga berikan banyak promosi menarik.

Dengan gerai sebanyak itu, tentu pemilik kedua bisnis tersebut memiliki total kekayaan yang tidak main-main. Lalu siapakah yang paling kaya?

Pemilik Indomaret: Anthoni Salim

PT Indomarco Prismatama atau Indomaret merupakan salah satu anak usaha Salim Group yang didirikan oleh Sudono Salim. Kini perusahaan tersebut dimiliki oleh anaknya bernama Anthony Salim salah satu orang terkaya di dunia 2021.

Baca juga: 6 Pemilik Bank Paling Tajir di Indonesia, Siapa Saja?

Mengutip Majalah Forbes, Anthony Salim memiliki total kekayaan 8,5 miliar dollar AS. Dia didapuk menjadi orang terkaya di Indonesia ke-3 tahun 2021 versi Majalah Forbes.

Salim Group sempat mengalami kegagalan saat krisis moneter melanda Indonesia tahun 1998, sehingga harus melepaskan Bank BCA ke Hartono Bersaudara dan beberapa perusahaan lainnya. Namun Anthoni Salim berhasil membangun kembali bisnisnya.

Anthoni Salim mengepalai Grup Salim, dengan investasi di bidang makanan, ritel, perbankan, telekomunikasi, dan energi. Selain itu, dia juga merambah waralaba restoran cepat saji KFC, jaringan minimarket Indomaret, Sari Roti, Bogasari, hingga perkebunan kelapa sawit.

Djoko Susanto salah satu orang terkaya di Indonesia.Kontan Djoko Susanto salah satu orang terkaya di Indonesia.

Pemilik Alfamart: Djoko Susanto

PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk atau Alfamart merupakan anak usaha dari Sigmantara Alfindo. Alfamart didirikan oleh Djoko Susanto pada tahun 1999. Saat ini Alfamart memiliki lebih dari 18.000 gerai di seluruh Indonesia.

Baca juga: 7 Orang Terkaya di Indonesia Pemilik Bisnis Media

Djoko Susanto memiliki kekayaan sebanyak 1,9 miliar dollar AS. Djoko Susanto menjadi orang terkaya di Indonesia ke-22 dan orang terkaya di dunia 2021 ke-1833 versi Majalah Forbes.

Divisi propertinya Alfaland mengoperasikan Omega Hotel Management di seluruh Indonesia.
Anak keenam dari 10 bersaudara ini mulai mengelola warung makan sederhana milik orang tuanya di sebuah pasar tradisional di Jakarta pada usia 17 tahun.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.