Ini Sosok Ciliandra Fangiono, Jadi Pemuda Terkaya Indonesia gara-gara Warisan Bisnis Sawit Ayahnya

Kompas.com - 19/12/2021, 08:00 WIB

KOMPAS.com - Di usianya yang relatif masih muda, 45 tahun, Ciliandra Fangiono menempati posisi ke-24 orang terkaya Indonesia dengan usia paling muda. Total kekayaan bersihnya, seperti dirilis Forbes, ditaksir mencapai Rp 1,83 miliar dollar AS atau setara Rp 26,1 triliun (kurs Rp 14.300).

Sumber kekayaan Ciliandra berasal dari perkebunan sawit warisan dari ayahnya, Martias, yang dirintis 20 tahun lalu.

Ia sempat meniti karier di divisi perbankan investasi Merrill Lynch di Singapura.

Baca juga: Daftar 10 Orang Terkaya RI yang Makin Tajir Saat Pandemi, Pemilik Grup Djarum Masih Nomor Satu

 

Ia juga tercatat sebagai Senior Scholar di bidang Ekonomi dan pernah dianugerahi PriceWaterhouse Book saat masih berada di Universitas Cambridge.

Tak heran jika Ciliandra jadi CEO First Resources Ltd, perusahaan yang tercatat di bursa efek Singapura yang banyak menguasai ratusan ribu hektar lahan sawit di Indonesia.

Dirangkum dari laman resminya, First Resources didirikan pada tahun 1992 dan terdaftar di Bursa Singapura sejak 2007.

Baca juga: Ini Sosok Termuda Orang Terkaya di Indonesia, Usianya 45 Tahun

Kuasai ratusan ribu hektar lahan sawit di Sumatera dan Kalimantan

First Resources adalah salah satu produsen minyak sawit terkemuka di Asia Tenggara, yang mengelola lebih dari 200.000 hektar perkebunan kelapa sawit di Provinsi Riau, Kalimantan Timur, dan Kalimantan Barat di Indonesia.

Kegiatan bisnis inti perusahaan meliputi budidaya kelapa sawit, memanen tandan buah segar (TBS), dan mengolahnya menjadi minyak sawit mentah (CPO) dan inti sawit (PK).

Selain perkebunan dan pabrik kelapa sawit, First Resources melalui pabrik penyulingan, fraksionasi, biodiesel, dan penghancur inti, memproses produksi CPO dan PK menjadi produk berbasis kelapa sawit yang bernilai lebih tinggi. Bisnis warisan Sebelum terjun mengelola bisnis warisan ayahnya, Ciliandra

Daftar orang terkaya Forbes

Sebagai informasi, Forbes menyusun daftar ini berdasarkan komposisi kepemilikan saham dan informasi keuangan yang diperoleh dari keluarga dan perorangan, bursa saham, analis, dan sumber-sumber lainnya.

Jumlah kekayaan juga memperhitungkan kepemilikan saham yang dimiliki oleh keluarga besar. Peringkat tersebut mencantumkan kekayaan individu dan keluarga, termasuk yang dibagi di antara kerabat.

(Penulis : Muhammad Idris)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.