BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan blibli.com

Perkuat Potensi Ekonomi Syariah dalam Negeri, Blibli Dukung Ekosistem Muslim Friendly

Kompas.com - 23/12/2021, 09:25 WIB
|

KOMPAS.com – Sebagai negara dengan penduduk muslim terbesar di dunia, Indonesia memiliki banyak potensi dalam mengembangkan sektor ekonomi syariah.

Sektor ekonomi syariah dapat didukung oleh banyak industri, seperti perbankan syariah, keuangan nonbank, pasar modal, rumah sakit Islam, perhotelan, pariwisata, fashion, dan produk makanan halal.

Data The State of The Global Islamic Economy 2020 menunjukkan, Indonesia memiliki ekosistem ekonomi Islam yang kuat. Hal itu turut menggerakkan ekonomi nasional.

Laporan tersebut bahkan menempatkan Indonesia di posisi keempat sebagai negara dengan potensi ekonomi syariah tertinggi.

Baca juga: Tahu Enggak? Ini Beda Kebiasaan Belanja Zoomer dan Milenial

Selain itu, pengadopsian gaya hidup halal oleh masyarakat Indonesia turut mendorong pertumbuhan industri syariah. Berdasarkan data dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK), nilai perdagangan industri halal di Tanah Air pada 2020 mencapai 3 miliar dollar Amerika Serikat (AS) atau setara Rp 43.076 triliun.

Pemerintah Indonesia pun melakukan peningkatan value chain halal dengan melibatkan e-commerce sebagai strategi untuk mengembangkan ekonomi syariah.

Untuk mewujudkannya, beberapa perusahaan dari berbagai sektor industri mulai mengembangkan ekosistem syariah untuk memenuhi kebutuhan masyarakat muslim Indonesia. Salah satunya adalah perusahaan e-commerce asal Indonesia, Blibli.

Pada April 2020, Blibli memperkuat kehadiran produk dan layanan syariah dengan menghadirkan kategori Fashion Muslim, Perhiasan Emas dan Logam Mulia, serta memperluas kurasi Blibli Hasanah untuk produk muslim friendly.

Baca juga: Blibli Dorong UMKM Indonesia Go Digital dengan Hadirkan Berbagai Program Pendampingan

Atas upaya tersebut, Blibli menjadi e-commerce pertama yang memiliki penyelia halal untuk penerapan sistem jaminan halal (SJH) di ekosistem e-commerce.

Dengan hadirnya penyelia halal, Blibli dapat memastikan keseluruhan value chain di ekosistem e-commerce miliknya agar mengacu pada standardisasi SJH. Dengan begitu, produk-produk halal mendapatkan penanganan yang sesuai, mulai dari penyimpanan di warehouse hingga pengiriman oleh kurir.

Kehadiran SJH pun memantapkan Blibli dalam menyediakan produk-produk muslim friendly dan halal yang semakin diminati pelanggan.

Blibli sendiri mencatat tren positif atas permintaan produk muslim friendly dan halal. Sejak peluncuran Blibli Hasanah, kelompok produk fashion muslim, makanan dan minuman halal, kesehatan dan kecantikan halal, serta perhiasan emas dan logam mulia mengalami kenaikan pesanan rata-rata sebesar dua kali lipat per kuartal I 2021.

Ilustrasi seller atau pelaku UMKM perlengkapan muslimDOK. SHUTTERSTOCK Ilustrasi seller atau pelaku UMKM perlengkapan muslim

Mitra strategis

Sebagai bagian dari industri e-commerce Indonesia, Blibli juga bermitra dengan pemangku kepentingan yang relevan untuk memajukan industri syariah.

Blibli berkolaborasi dengan institusi perbankan dan perusahaan teknologi finansial untuk menyediakan alat pembayaran berbasis syariah, termasuk dengan LinkAja Layanan Syariah.

Selain itu, Blibli bekerja sama dengan perwakilan pemerintah dan lembaga agama, termasuk Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah (KNEKS) dan Majelis Ulama Indonesia (MUI) agar SJH dapat diterapkan sesuai ketentuan.

Baca juga: Inovasi Blibli di Masa Pandemi, Upaya Memenuhi Kebutuhan Masyarakat

CEO dan Co-Founder Blibli Kusumo Martanto menegaskan, sebagai e-commerce lokal pertama yang memiliki penyelia halal, Blibli bangga menjadi mitra strategis pemerintah dalam pelaksanaan pilot project untuk mengakselerasi pengembangan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) pada kategori industri halal.

“Dengan ekosistem tersebut, Blibli menyiapkan 20 warehouse dan 32 hub di berbagai kota besar di Indonesia. Ini merupakan wujud komitmen Blibli dalam memandu potensi industri halal, khususnya bagi pelaku UMKM,” ujar Kusumo dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Jumat (10/12/2021).

Dukung ISEF 2021

Tak berhenti sampai di situ, Blibli terus memperkuat upayanya dalam mendukung ekonomi syariah dalam negeri.

Terbaru, Blibli mendukung acara Indonesia Sharia Economic Festival (ISEF) 2021. Lewat dukungan ini, Blibli memberikan lebih banyak promosi dan publikasi terkait ISEF melalui kanal muslim friendly, Blibli Hasanah, dengan beragam produk bersertifikat halal serta produk islami.

Vice President of Woman Fashion Blibli Marvie Rances Samala mengatakan, pemerintah Indonesia telah memiliki Masterplan Ekonomi Syariah 2019-2024. Lewat rancangan besar ini, pemerintah ingin menjadikan Indonesia sebagai pusat produksi produk halal dunia.

“Memahami hal tersebut, Blibli berkomitmen mendukung setiap upaya pemerintah dalam memajukan industri halal di Indonesia,” kata Marvie.

Baca juga: Digitalisasi, Kunci Selamatkan UMKM Indonesia dari Krisis akibat Pandemi

Lewat Blibli Hasanah yang menyajikan ekosistem produk halal terdepan di industri, lanjutnya, Blibli akan berperan aktif mendukung perkembangan industri pada sektor ekonomi syariah, baik dalam memenuhi kebutuhan akan gaya hidup halal pelanggan maupun mendorong kemajuan pelaku usaha penyedia produk halal.

“Saat ini, jumlah seller yang menjual produk halal sudah bertumbuh 14 kali lipat dan menghadirkan 112 kali lebih banyak dari jumlah produk sejak Blibli Hasanah diluncurkan,” kata Marvie.

Catatan tersebut membuat Blibli optimistis bahwa kolaborasi lanjutan dengan ISEF akan memberikan dampak nyata terhadap perkembangan industri halal di Indonesia.

“Kami berharap, dukungan Blibli pada ISEF 2021 dapat mendukung industri halal di Indonesia, terlebih bagi seller Blibli Hasanah untuk menemukan lebih banyak potensi bisnis dengan pelanggan,” kata Marvie.

Untuk mengetahui berbagai penawaran menarik dan Blibli Hasanah dari hasil kolaborasi dengan ISEF 2021 bersama LinkAja Syariah, kunjungi laman berikut.


Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.