Kompas.com - 08/02/2022, 15:05 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com – Program Kredit Usaha Rakyat (KUR) bisa menjadi pilihan bagi pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) yang ingin mengembangkan usahanya. Pelaku UMKM bisa memilih program KUR BRI, KUR BNI, atau KUR Mandiri untuk mendapatkan pinjaman modal.

Dikutip dari laman kur.ekon.go.id, KUR adalah program pembiayaan/kredit bersubsidi pemerintah dengan bunga rendah. 100 persen dananya milik Bank/Lembaga Keuangan Bukan Bank (LKBB) Penyalur KUR dan disalurkan dalam bentuk dana keperluan modal kerja serta investasi.

Program KUR disalurkan kepada pelaku UMKM individu/perseorangan, badan usaha atau kelompok usaha yang memiliki usaha produktif dan layak namun belum memiliki agunan tambahan atau feasible namun belum bankable.

Adapun subsidi yang diberikan oleh pemerintah dalam program KUR adalah berupa subsidi bunga dan ada pola penjaminan. Sehingga agunan pokok KUR berupa usaha atau obyek yang dibiayai.

Baca juga: BEI: 15 Perusahaan Unicorn dan Centaur Akan IPO, Target Penggalangan Dana Rp 126,5 Triliun

Tahun ini, pemerintah menaikan plafon Kredit Usaha Rakyat (KUR) Nasional menjadi Rp 373,17 triliun dengan subsidi bunga 3 persen hingga bulan Juni 2022. Pemerintah juga memutuskan untuk mempertahankan suku bunga KUR tahun 2022 di level 6 persen.

Lalu bagaimana cara mengajukan pinjaman KUR tahun 2022? Apa saja persyaratan mengajukan KUR tahun 2022?

Pinjaman KUR BRI

Syarat pengajuan KUR BRI

Dikutip dari laman kur.bri.co.id, berikut syarat mengajukan pinjaman KUR BRI tahun 2022:

  • Individu (perorangan)
  • Memiliki usaha yang telah berjalan minimal 6 (enam) bulan
  • Menjalankan usahanya di salah satu platform e-commerce (misal Shopee, Tokopedia dll) dan/atau penyedia ride hailing (Gojek atau Grab)
  • Tidak sedang menerima kredit dari perbankan kecuali kredit konsumtif seperti KPR, KKB, dan Kartu Kredit
  • Persyaratan administrasi: Identitas berupa KTP, Kartu Keluarga (KK), dan surat ijin usaha (dapat berupa surat keterangan yang diterbitkan oleh e-commerce atau ride hailing)

Baca juga: Rincian Aturan Lengkap PPKM Level 3, Makan di Resto Cuma 1 Jam hingga Operasional Mal

Cara mengajukan pinjaman KUR BRI online 2022

Cara mengajukan pinjaman KUR BRI tahun 2022 bisa dilakukan secara daring. Berikut langkah-langkah atau cara pengajuan KUR BRI online:

  • Buka laman kur.bri.co.id
  • Pilih "Ajukan Pinjaman"
  • Login menggunakan alamat email dan masukkan kata sandi jika sudah memiliki akun.
  • Jika belum memiliki akun di laman tersebut bisa memilih "Daftar"
  • Baca pernyataan yang diberikan oleh BRI dan klik "Setuju"
  • Isi formulir pengajuan yang diberikan oleh BRI secara online seperti tentang profil calon nasabah, profil usaha, unggah dokumen, dan data pengajuan.

Adapun untuk pengajuan KUR BRI secara offline, Anda bisa langsung datang ke kantor cabang dengan membawa berkas syarat KUR BRI. Nantinya, petugas akan membantu proses pengajuan KUR BRI Anda.

Baca juga: Tangani Keluhan Unit Link, Ini Langkah yang Ditempuh Prudential

Panduan dan syarat pengajuan KUR BRI, BNI dan Mandiri secara online dan offlineBank BRI Panduan dan syarat pengajuan KUR BRI, BNI dan Mandiri secara online dan offline

Pengajuan KUR BNI

Dikutip dari laman eform.bni.co.id, program KUR BNI sendiri ada dua jenis produk, yakni KUR Super Mikro dan KUR Mikro. Perbedaan utama dari kedua produk ini adalah pada besaran maksimum kredit yang diberikan oleh bank.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.