Kemendag Minta Pedagang Minyak Goreng Laporkan Distributor "Nakal"

Kompas.com - 08/02/2022, 16:13 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Perdagangan (Kemendag) meminta pedagang pasar untuk melaporkan kepada Kemendag jika terdapat distributor nakal yang tidak mau menyalurkan pasokan minyak goreng baru dengan harga murah.

Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Kementerian Perdagangan Oke Nurwan mengatakan, hal ini berlaku untuk para distributor yang memang sudah memiliki stok minyak goreng baru dengan harga murah.

"Distributor yang sudah punya stok baru dengan harga murah jangan paksa pedagang habiskan dulu stok (minyak goreng) lama yang mahal. Kalau (pedagang) temukan distributor yang begitu, laporkan!," kata Oke dalam dialog bertajuk Menjamin Ketersediaan Minyak Goreng bersama Ombudsman secara virtual, Selasa (8/2/2022).

Baca juga: Program Minyak Goreng Murah Sudah Didistribusikan, Tapi Kenapa Masih Mahal ?

Oke mengakui masih ditemukan di lapangan harga minyak goreng yang mahal. Menurutnya hal ini terjadi lantaran adanya kepanikan dari para pedagang terhadap stok lama.

"Jadi harga tetap tinggi karena pedagang mau menghabiskan stoknya dulu. Kalau nanti pedagang sudah mendapatkan supply minyak goreng dengan harga baru, bagaimana stok lamanya? Itu masalahnya makanya kenapa masih tinggi atau belum rata," kata Oke.

Oke juga memastikan seminggu ke depan stok minyak goreng murah akan tersedia. Selain itu, ia menyebut sudah ada 40 juta liter minyak goreng murah yang sudah mulai didistribusikan.

"Ini sudah berjalan saya sudah dapat laporan 180.000 ton sudah berangkat. Berarti sudah sekitar 36-40 juta liter sudah mulai didistribusikan," kata Oke.

Baca juga: Kemendag: Harga Minyak Goreng Dalam Proses Stabilisasi

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.