Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pertamina Proyeksi Kebutuhan Avtur Naik 300 Persen Saat MotoGP

Kompas.com - 18/02/2022, 17:48 WIB
Yohana Artha Uly,
Akhdi Martin Pratama

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Pertamina (Persero) melalui Sub Holding Commercial & Trading yaitu PT Pertamina Patra Niaga memastikan pasokan avtur aman selama gelaran MotoGP yang berlangsung Maret 2022 mendatang di Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Executive General Manager Pertamina Patra Niaga region Jatimbalinus, Denny Djukardi mengatakan, diperkerikan kebutuhan avtur selama ajang MotoGP akan meningkat 300 persen menjadi 111 kiloliter (KL) per hari dari biasanya 30 KL per hari.

Oleh sebab itu, Pertamina melakukan persiapan untuk memenuhi kebutuhan itu. Ia bilang, Pertamina memiliki unit operasi yaitu Depot Pengisian Pesawat Udara (DPPU) di Bandara Internasional Lombok Zainuddin Abdul Madjid, NTB yang siap melayani kebutuhan avtur ke seluruh maskapai.

Baca juga: PLN Jamin Pasokan Listrik Tanpa Kedip di Pramusim MotoGP Mandalika

"Saat perhelatan MotoGP pra musim kemarin, ada peningkatan konsumsi avtur di Lombok yaitu dari rata-rata 28 KL menjadi 56 KL per hari atau naik sekitar 100 persen. Nantinya, kami memprediksi kenaikan konsumsi saat event MotoGP berlangsung yaitu rata-rata 30 KL per hari menjadi 111 KL atau naik lebih dari 300 persen," ungkap Denny dalam keterangannya, Jumat (18/2/2022).

Dia menjelaskan, DPPU Pertamina Patra Niaga di Bandara Internasional Lombok memiliki sarana dan fasilitas yang sangat cukup untuk memenuhi kebutuhan avtur selama penyelenggaraan acara.

DPPU tersebut memiliki 4 tangki vertikal dengan kapasitas hingga 1.000 KL dan unit-unit refueller yang akan mendistribusikan pengisian avtur ke pesawat udara.

Baca juga: Pertamina Jadi Sponsor MotoGP, Erick Thohir: Langkah Awal untuk Mendunia

"Secara keseluruhan sarfas kami telah siap melayani penerbangan dari dan ke Lombok, NTB, selama acara MotoGP berlangsung,” katanya.

Sementara itu, Area Manager Communication, Relations & CSR Pertamina Patra Niaga region Jatimbalinus, Deden Mochammad Idhani menambahkan, selain menjamin avtur, Pertamina Patra Niaga juga memastikan penyaluran bahan bakar minyak (BBM), LPG, Petrokimia dan produk turunan lainnya tetap aman ke masyarakat.

“Kami berkomitmen selama perhelatan MotoGP di Mandalika, Lombok, NTB, pada Maret 2022, Patra Niaga telah siap melayani kebutuhan energi konsumen untuk mendukung kesuksesan acara tersebut," tutup Deden.

Baca juga: Ini Daftar Maskapai dan 8 Rute Penerbangan ke Lombok Saat MotoGP 2022

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com