Pertamina Jadi Sponsor MotoGP, Erick Thohir: Langkah Awal untuk Mendunia

Kompas.com - 09/02/2022, 23:00 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengatakan, langkah PT Pertamina (Persero) madi sponsor tunggal dalam ajang MotoGP di Indonesia adalah kesempatan untuk mengenalkan nama perusahaan di kancah global.

Seperti diketahui, ajang balap kelas dunia MotoGP 2022 akan berlangsung di Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat.

"Kerja sama Pertamina dan MotoGP ini sangat baik dan menjadi langkah awal daripada merek Pertamina ini bisa mendunia," ujar Erick dalam peresmian Pertamina Grand Prix of Indonesia, Rabu (9/2/2022).

Baca juga: Sukseskan MotoGP Mandalika, Kementerian PUPR Sediakan Rusun untuk Tambahan Penginapan

Menurutnya, saat ini pihaknya tengah mendorong Pertamina untuk menjadi perusahaan global. Targetnya, perusahaan energi berpelat merah tersebut bisa mencapai valuasi 100 miliar dollar AS.

"Maka ini akan menjadi perusahaan pertama memposisikan Indonesia sebagai global company. Saya berharap event ini menjadi langkah-langkah kecil, di mana Pertamina punya langkah besar dari ini," jelas dia.

Baca juga: Ini Alur dan Syarat Lengkap Protokol Kesehatan Sistem Bubble MotoGP Mandalika

Erick menambahkan, seiring dengan membawa nama Pertamina mendunia, ajang MotoGP ini sekaligus semakin mengenalkan Indonesia di kancah internasional. Terlebih rencananya gelaran MotoGP ini akan berlangsung berturut-turut selama 10 tahun di Indonesia.

"Artinya ada berkelanjutan dalam memposisikan Indonesia di dunia sebagai negara besar," imbuhnya.

Baca juga: Luhut Minta ke PHRI Sajikan Kuliner Khas Indonesia Saat KTT G20 dan MotoGP Mandalika

Ia menilai, penting bagi Indonesia untuk meningkatkan reputasinya di mata dunia, terlebih Indonesia diproyeksi akan menjadi negara dengan perekonomian terbesar ke-4 di dunia pada 2045 mendatang.

Erick mengatakan, citra positif sebuah negara turut diperlukan dalam mendorong pertumbuhan ekonomi, sebab citra yang baik akan semakin mendorong investor untuk menanamkan dananya di Indonesia, baik investor lokal maupun global.

"Ini penting sekali, ketika ekonomi Indonesia tumbuh, kita juga harus tepat menaruh brand daripada negara kita. National branding kita sangat penting," pungkas Erick.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.