10 Contoh CV Lamaran Kerja yang Baik dan Benar

Kompas.com - Diperbarui 25/07/2022, 22:52 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com – Curriculum Vitae atau CV adalah salah satu dokumen yang diperlukan saat melamar pekerjaan. Bagi Anda yang ingin membuat CV, bisa melihat contoh CV lamaran kerja yang baik dan benar di internet sebagai referensi.

Dengan melihat contoh CV lamaran kerja, Anda akan mendapatkan gambaran tentang bagaimana cara membuat CV yang baik dan benar dengan desain bagus.

Saat ini, contoh CV lamaran kerja yang baik dan menarik semakin mudah ditemukan di beberapa platform. Beberapa situs yang menyediakan contoh CV lamaran kerja di antaranya seperti Canva, CVMaker, Novoresume, Zety dan lainnya.

Banyak contoh CV lamaran kerja di situs-situs tersebut dapat diakses secara gratis oleh semua kalangan. Meskipun beberapa platform ada juga yang berbayar.

Baca juga: Jokowi Wanti-wanti Potensi Kelangkaan Energi Imbas Konflik Rusia-Ukraina, Ini Respons Pertamina

Umumnya contoh CV lamaran kerja di beberapa website adalah menggunakan bahasa Inggris. Namun banyak pula contoh CV lamaran kerja dalam bahasa Indonesia. Sehingga Anda tidak perlu bingung untuk memilih salah satunya.

Selain contoh CV lamaran kerja, website tersebut juga menyediakan beberapa template yang bisa dipakai. Anda cukup memilih template yang diinginkan dan mengisi data diri. Selanjutnya, contoh CV lamaran kerja dapat langsung diunduh dan dicetak secara mandiri.

Perlu diingat bahwa dalam membuat CV lamaran kerja yang baik dan benar, tidak cukup pada isinya saja. Namun Anda harus bisa membuat desain CV yang unik dan menarik.

Pasalnya, desain CV lamaran kerja yang unik dan menarik dapat menjadi nilai tambah bagi pelamar kerja. Jika perusahaan sudah tertarik pada CV Anda, maka kemungkinan besar akan lolos tahap administrasi dan lolos ke tahap selanjutnya.

Baca juga: Adaro Energy Catat Pendapatan Usaha 3,99 Miliar Dollar AS di 2021

Bukan hanya itu, membuat CV dengan desain yang menarik maka Anda akan dinilai lebih siap bekerja di perusahaan yang dilamar. Karena itu, Anda perlu melihat contoh CV lamaran kerja agar dapat membuat CV yang menarik di mata HRD.

Adapun beberapa poin yang wajib dimasukkan dalam membuat CV lamaran kerja antara lain:

  • Data diri atau identitas pribadi seperti nama lengkap dan gelar, alamat, usia, kontak dan foto.
  • Pendidikan terakhir (bisa 2 pendidikan terakhir).
  • Pengalaman pekerjaan. Jika belum pernah bekerja, bisa mencantumkan pengalaman organisasi, volunteer, atau pengalaman magang.
  • Pengalaman organisasi. Sertakan deskripsi pekerjaan Anda di jabatan saat aktif di organisasi tersebut. Ini agar perekrut bisa tergambar lebih jelas tentang kompetensi Anda.
  • Skills dan kemampuan / minat.
  • Penghargaan yang pernah diraih (jika ada).

Baca juga: Tingkatkan Kualitas Broadband, Telkom Ikut Bangun Kabel Laut dari Asia Tenggara hingga Eropa

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.