10 Contoh Surat Lamaran Kerja untuk Fresh Graduate, CPNS, hingga BUMN

Kompas.com - 07/03/2022, 18:30 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com – Contoh surat lamaran kerja yang baik dan benar menjadi hal penting untuk diketahui calon pekerja. Pasalnya, surat lamaran kerja adalah salah satu dokumen yang diperlukan saat melamar pekerjaan di perusahaan atau instansi.

Bagi yang sudah berpengalaman, menulis surat lamaran kerja tentu bukan perkara yang sulit. Namun bagi para fresh graduate atau yang baru lulus, membuat surat lamaran kerja menjadi tantangan tersendiri.

Sebagian dari mereka masih kebingungan membuat surat lamaran kerja yang baik dan benar agar dilirik HRD (perekrut). Padahal, ada banyak contoh surat lamaran kerja (contoh surat lamaran pekerjaan) yang bisa diakses di internet.

Nah, agar tidak bingung, sebaiknya Anda menyiapkan surat lamaran kerja jauh-jauh hari. Jadi ketika menemukan lowongan yang sesuai, Anda sudah memiliki contoh surat lamaran kerja yang baik dan benar.

Baca juga: Elon Musk Dorong Eropa Aktifkan Pembangkit Nuklir agar Mandiri Energi, Sebut Risikonya Tidak Parah

Perlu diingat bahwa penulisan surat lamaran kerja yang baik dan benar bisa menjadi pertimbangan bagi HRD untuk memanggil pelamar kerja ke tahap selanjutnya. Jadi, Anda harus membuat surat lamaran kerja sebaik mungkin, tidak asal-asalan.

Umumnya, surat lamaran pekerjaan dilampirkan bersama CV pelamar kerja. Selain itu, lampiran dalam surat lamaran kerja juga meliputi pas foto, fotokopi KTP, fotokopi ijazah terakhir, fotokopi transkip nilai serta fotokopi sertifikat kompetensi (pelatihan atau kursus).

Surat lamaran kerja adalah surat resmi yang dibuat oleh seseorang yang sedang mencari, atau membutuhkan pekerjaan yang ditujukan kepada pimpinan perusahaan, atau institusi tempat kerja yang dituju. Tentu, perusahaan atau institusi tersebut sedang membuka lowongan kerja.

Ada beberapa hal yang mesti diperhatikan saat menulis surat lamaran kerja. Mulai dari penggunaan tata bahasa, format penulisan sampai isi keseluruhan surat lamaran pekerjaan.

Baca juga: 2 Isu Utama Ketenagakerjaan yang Dibahas dalam Employment Working Group G20

Selain itu, surat lamaran kerja juga harus ditulis dengan bahasa resmi, padat isi, rinci, namun tidak berlebihan. Hal tersebut bertujuan agar surat lamaran kerja memberi kesan pertama yang baik bagi HRD.

Di beberapa perusahaan, mengirim surat lamaran kerja bisa dilakukan secara online. Artinya, pelamar cukup mengirimkan surat lamaran kerja melalui email saja. Namun, ada pula yang mengharuskan surat lamaran kerja tulis tangan atau dicetak (print).

Halaman Selanjutnya


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.