Mau Gadai BPKB Motor di Pegadaian? Ini Syarat dan Caranya

Kompas.com - Diperbarui 06/06/2022, 21:14 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com – Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB) adalah buku resmi yang dikeluarkan oleh Satlantas Polri. Selain berfungsi sebagai surat bukti kepemilikan kendaraan bermotor, BPKB juga dapat digadaikan. Bagaimana cara gadai BPKB motor di Pegadaian?

Gadai BPKB motor di Pegadaian sendiri bisa menjadi solusi bagi Anda yang membutuhkan dana dalam waktu cepat. Gadai BPKB motor di Pegadaian juga lebih aman daripada meminjam lewat pinjol ilegal.

Selain resmi dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK), cara gadai BPKB motor di Pegadaian pun bisa dilakukan dengan mudah. Anda hanya perlu menyiapkan beberapa persyaratan agar pinjaman segera dicarikan.

Dikutip dari laman resmi Pegadaian, gadai BPKB motor adalah salah satu layanan yang diberikan Pegadaian untuk nasabah. Layanan gadai BPKB motor di Pegadaian juga disebut Kreasi.

Baca juga: Perempuan Indonesia, Ini 4 Cara Eksplorasi Potensi Diri lewat Medsos

Kreasi dalam gadai BPKB adalah pinjaman dalam jangka waktu tertentu dengan menggunakan konstruksi penjaminan kredit secara jaminan fidusia atau jaminan gadai.

Pinjaman Kreasi diberikan kepada pengusaha mikro dan pengusaha kecil yang membutuhkan dana untuk keperluan pengembangan usaha.

Lalu, bagaimana cara gadai BPKB motor di Pegadaian?

Cara gadai BPKB motor di Pegadaian bisa dilakukan dengan mengunjungi kantor cabang Pegadaian terdekat. Selain itu, pengajuan juga dapat melalui agen Pegadaian, atau via online melalui aplikasi Pegadaian Digital Service.

Baca juga: Menhub: Tiap tahun Negara Rugi Rp 43 Triliun Akibat Truk ODOL

Cara gadai BPKB motor di Pegadaian tidak membutuhkan waktu lama. Maksimal 3 hari, proses pengajuan gadai BPKB akan selesai jika semua syarat terpenuhi.

Dengan gadai BPKB motor, nasabah bisa mendapat pinjaman uang dari Pegadaian mulai dari Rp 1 juta. Pelunasan dapat dilakukan sewaktu-waktu dengan pemberian diskon untuk sewa modal (bunga pinjaman) relatif murah dengan angsuran tetap per bulan.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.