Aplikasi Disentra Dukung Pemprov Jabar Cetak Wirausaha Guru dan Siswa SMK

Kompas.com - 29/03/2022, 18:25 WIB

KARAWANG, KOMPAS.com -  PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten Tbk (Bank BJB) mendukung Pemerintah Provinsi Jawa Barat (Pemprov Jabar) dalam mencetak wirausaha guru dan siswa SMK melalui aplikadi bjb Disentra.

Dukungan melalui aplikasi Disentra itu diberikan dalam acara Program Penerapan Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) pada 35 SMK Negeri Pendidikan Provinsi Jawa Barat.

Hadir dalam acara tersebut, Ketua Dekranasda Jawa Barat Atalia Praratya Ridwan Kamil, Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat Dedi Supandi, dan Pemimpin Divisi Kredit UMKM Bank BJB Denny Mulyadi.

 

Pemimpin Divisi Corporate Secretary Bank BJB Widi Hartoto mengatakan, program itu sendiri mendapatkan apresiasi dari Kementerian Dalam Negeri RI.

"Selain itu (dalam rangkaian acara) juga ada pameran dari sekolah pencetak wirausaha, termasuk di dalamnya pameran hasil produk SMK," ujar Widi melalui keterangannya, Selasa (29/3/2022).

Baca juga: Kemenperin Gembleng Puluhan Ribu Santri Jadi Wirausaha Industri

Aplikasi BJB Disentra adalah aplikasi berbasis Android yang dibuat sebagai media informasi dan interaksi UMKM guna meningkatkan pengetahuan dan jejaring pemasaran UMKM.

"Aplikasi ini nantinya menjadi salah satu media pemenuhan pengetahuan perbankan dan kewirausahaan bagi guru dan siswa SMK," kata Widi.

Baca juga: Pemerintah Nilai G20 Buka Peluang Peningkatan Wirausaha Perempuan

Aplikasi Disentra juga dibuat untuk mendukung Program Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Terpadu (PESAT).

"PESAT adalah nama sebuah program pemberdayaan ekonomi masyarakat yang dilakukan secara terpadu yang dimiliki oleh Bank BJB sebagai salah satu layanan perbankan untuk meningkatkan kompetensi dan kapasitas usaha bagi pelaku usaha," pungkas Widi.

Baca juga: Perpres Kewirausahaan Terbit, Wirausaha Bakal Dapat Banyak Kemudahan dan Insentif

Program Giat Pelatihan

Bank BJB juga bekerja sama dengan Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat dalam pembinaan SMK Negeri di Jawa Barat, yang dinamakan program Giat.

Bentuknya berupa pelatihan kepada para kepala sekolah, guru dan siswa SMK yang dilaksanakan pada Februari dan Maret 2022 dan diikuti oleh 476 peserta.

Pada pelatihan ini peserta telah diberikan materi edukasi perbankan, financial intelligence, pengenalan Program PESAT, bjb Digi dan aplikasi bjb Disentra.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.