Mandala Finance Genjot Pembiayaan Syariah di Tahun 2022

Kompas.com - 08/04/2022, 14:55 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Mandala Multifinance Tbk. (MFIN) berencana mendorong pembiayaan ke sektor syariah pada tahun 2022.

Direktur Bisnis Mandala Finance Christel Lasmana mengatakan, target penyaluran pembiayaan ke sektor syariah akan digenjot dengan suntikan dana dari investor baru.

"Pada tahun 2021, penyaluran pembiayaan ke sektor syariah sekitar 20 persen. Tahun ini, kita berencana meningkatan pembiayaan syariah ke angka 34 persen," kata dia dalam konferensi pers pemaparan hasil kerja Mandala Finance Tahun 2021, Jumat (8/4/2022).

Baca juga: APPI: Semoga DK OJK dapat Sinergikan Perbankan dan Industri Pembiayaan

Ia menambahkan, peningkatan target penyaluran pembiayaan ke sektor syariah ini dibantu oleh pendanaan dari Islamic Corporation for the Development of the Private Sector (ICD) sebesar 30 juta dollar AS, dengan total fasilitas hingga 50 juta dollar AS. Pendanaan ini terutama akan dimanfaatkan untuk pembiayaan kendaraan bermotor roda dua.

"Pendanaan ini untuk pembiayaan syariah, untuk melengkapi unit pembiayaan syariah," tegas dia.

Sebagai informasi, ICD merupakan cabang sektor swasta dari Grup Islamic Development Bank (ISDB) sebuah lembaga keuangan asal timur tengah.

Selain itu, ia menuturkan pembiayaan syariah juga akan didorong oleh beberapa investor baru dan sukuk.

Baca juga: IHSG Menguat di Sesi I Perdagangan, Asing Borong TLKM, BBRI, dan UNTR

Mandala Finance sendiri telah membukukan laba bersih sebesar Rp 485 miliar pada tahun 2021. Jumlah tersebut meningkat sebanyak 178,25 persen dibanding tahun 2022 yang sebesar Rp 174 miliar.

Mandala Finance juga berhasil mencatatkan pertumbuhan aset menjadi Rp 5,3 triliun atau meningkat 26,95 persen secara tahunan. Padahal, pada tahun 2020 aset Mandala Finance  berada di angka 4,2 triliun.

Selain itu, Mandala Finance juga berhasil menyalurkan pembiayaan sebanyak Rp 5 triliun atau tumbuh 74,14 persen secara tahunan.

Baca juga: Bertambah, Kemenhub Prediksi Jumlah Pemudik Capai 85,5 Juta

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.