Home Credit Indonesia Salurkan Pembiayaan Rp 1,69 Triliun pada Kuartal-I 2022

Kompas.com - 19/04/2022, 20:01 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Home Credit Indonesia menyalurkan pembiayaan sebesar Rp 1,69 triliun pada kuartal-I 2022. Angka ini naik sebesar 10 persen dibanding penyaluran pembiayaan tahun 2021 sebesar Rp 1,54 triliun pada periode yang sama.

Direktur Utama Home Credit Animesh Narang mengatakan, Home Credit mengalami tren pertumbuhan positif seiring turunnya kasus Covid-19 dan meningkatnya vaksinasi.

"Pencapaian tersebut diiringi dengan komitmen kami untuk menyalurkan pembiayaan dengan mudah, transparan, dan sesuai dengan kapasitas pelanggan kami," kata dia Selasa (19/4/2022).

Baca juga: Dirjen Pajak soal Tax Amnesty: Kami Punya Data Harta Anda, Tolong Dilaporkan

Ia menambahkan, pada tahun 2021 perusahaannya menyalurkan pembiayaan sebesar Rp 6,5 triliun. Hasil tersebut naik 5 persen dibandingkan penyaluran di tahun 2020 yang sebesar Rp 6,2 triliun.

Berdasarkan penuturannya, sampai Maret 2022, Home Credit telah menyalurkan pembiayaan ke 5,5 juta pelanggan.

Ia memerinci, pembiayaan paling besar didominasi oleh pembiayaan mobile phone sebesar 63 persen. Sedangkan sisanya diisi oleh pembiayaan furnitur, televisi, fesyen, kulkas, dan aksesoris mobil.

Selain itu, perusahaan ini mendorong usaha kecil dan menengah (UKM) melalui pembiayaan modal kerja bagi pelanggan existing yang nilainya mencapai Rp 411 miliar sepanjang kuartal-1 2022.

Baca juga: Kemenhub Ungkap Sederet Titik Jalur yang Berpotensi Macet saat Mudik Lebaran

"Hasil tersebut meningkat hampir empat kali lipat dibandingkan dengan Rp 88 miliar pada kuartal-I 2021," kata dia.

Animesh menjelaskan, memasuki Ramadhan di tahun ketiga pandemi, tren konsumsi diperkirakan akan mengalami perbaikan setelah sebelumnya mengalami kelesuan.

"Salah satunya adanya indikasi adalah optimisme konsumen terhadap kondisi ekonomi yang tetap terjaga yang ditunjukkan oleh Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) sebesar 114,6 pada kuartal-1 2022," papar dia.

Baca juga: Syarat Wajib Zakat Emas dan Perak, Berikut Cara Menghitungnya

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.