Malam Ini dan Besok Diprediksi Jadi Puncak Arus Mudik di Pelabuhan Gilimanuk

Kompas.com - 29/04/2022, 20:48 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) memprediksi malam ini akan menjadi puncak arus mudik di Pelabuhan Gilimanuk, Bali.

Prediksi ini didasari pada arus mudik di Pelabuhan Gilimanuk yang mulai meningkat sejak pagi ini sehingga diperkirakan arus mudik dari Bali ke Jawa terjadi pada 29-30 April 2022.

Corporate Secretary PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Shelvy Arifin mengatakan, sejak pagi hingga siang hari ini arus kendaraan yang menyeberang dari Gilimanuk menuju Ketapang cukup tinggi.

Baca juga: Cegah Penumpukan Kendaraan, Menhub Minta Sistem First In First Out Diterapkan di Pelabuhan Merak

Dilaporkan pada Jumat pagi terjadi antrian menuju Pelabuhan Gilimanuk yang didominasi truk sedang, mobil pribadi, dan roda dua.

"Sebelumnya kendaraan roda dua telah diseberangkan. Siang hingga sore sekitar 500 unit kendaraan pribadi yang sebelumnya menunggu di area penampungan (kantong parkir) di terminal cargo, sudah kembali lancar menuju ke pelabuhan," ujar Shelvy dalam keterangannya, Jumat (29/4/2022).

Pada H-10 hingga H-4 Lebaran 2022 atau 22-29 April 2022, total penumpang yang menyeberang dari Gilimanuk menuju Ketapang sebanyak 174.351 orang dan total kendaraan sebanyak 56.594 unit.

Adapun rincian kendaraan, total roda dua sebanyak 26.724 unit, roda empat pribadi sebanyak 17.414 unit, Bus sebanyak 1.618 unit, dan truk logistik sebanyak 10.838 unit.

"Jika melihat data untuk arus mudik dari Gilimanuk terjadi kenaikan tren sepeda motor mencapai 178 persen bila dibandingkan tahun lalu sebanyak 9.610 unit. Sedangkan untuk mobil pribadi naik 284 persen bila dibandingkan periode sama tahun lalu sebanyak 3.540 unit," ucapnya.

Baca juga: Ratusan Penumpang Tertinggal Kapal di Samarinda, Ini Kata Pelabuhan

Sebaliknya, pada periode yang sama, dari Ketapang menuju Gilimanuk tercatat total penumpang yang menyeberang sebanyak 95.369 orang dan total kendaraan sebanyak 25.400 unit.

Adapun rincian kendaraan, total roda dua sebanyak 2.573 unit, roda empat pribadi sebanyak 10.574 unit, bus sebanyak 1.697 unit, dan truk logistik sebanyak 10.559 unit.

"Untuk arus mudik penumpang dan kendaraan dari Ketapang masih relatif lancar dan mengalir saja. Tidak terjadi kenaikan signifikan," kata dia.

Sementara itu, jumlah kapal yang standbye di Ketapang-Gilimanuk total 46 unit kapal, 28 unit kapal siap beroperasi harian dengan rata-rata 388 trip per hari, sementara 5 unit kapal tengah melakukan docking.

Dia mengimbau agar masyarakat yang akan melakukan perjalanan dengan kapal ferry selama periode mudik Lebaran 2022 dari 4 pelabuhan utama, yakni Merak, Bakauheni, Ketapang, dan Gilimanuk dengan mengatur perjalanan sedini mungkin dengan melakukan reservasi mandiri.

Baca juga: Ini Antisipasi ASDP agar Kepadatan di Pelabuhan Merak Tidak Terulang

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.