Optimalkan Kanal Digital di 2022, Ini yang Dilakukan Asabri

Kompas.com - 29/04/2022, 20:18 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Asabri (Persero) berencana meningkatkan kualitas layanan dengan optimalisasi kanal digital di tahun 2022. Peningkatan ini bertujuan untuk memberikan kemudahan pada peserta.

Sekretaris Perusahaan PT Asabri Edison Sianipar mengatakan, pihaknya akan terus melakukan optimalisasi layanan Asabri Mobile Application yang telah diperkenalkan sejak 2020.

"Selain dapat melihat saldo akumulasi premi dan hasil pengembangan, aplikasi ini merupakan sarana bagi peserta untuk melakukan update atas data peserta secara mandiri," kata dia dalam siaran pers, dikutip Kompas.com Senin (29/4/2022).

Baca juga: Kini Peserta Asabri Bisa Akses Pembayaran Klaim lewat BSI

Ia menjelaskan, terdapat beberapa tambahan fitur dalam aplikasi ini, antara lain fasilitas bagi peserta untuk mengunduh Surat Pemberitahuan Tahunan (SPT) Pajak, serta jadwal kewajiban pelaksanaan Autentikasi.

Berdasarkan data yang Edison miliki, sampai dengan Desember 2021, jumlah peserta pengguna aplikasi ini sebanyak 172 ribu peserta. Ia berucap, upaya peningkatan jumlah peserta pengguna ini akan terus dilakukan melalui sosialisasi dan pendampingan peserta.

Sementara itu, untuk mempermudah proses pengajuan klaim, ia mengupayakan peserta dekat dengan jaringan layanan Asabri.

Baca juga: Keuangan Mulai Membaik, Ekuitas Asabri Masih Negatif Rp 4,7 Triliun

Selain itu, kemudahan dilakukan juga melalui penambahan jumlah titik layanan ASABRI Link sehingga titik layanan yang dimiliki saat ini adalah sebanyak 995 termasuk titik layanan mitra bayar.

"Proses pengenalan serta update produk dan layanan Asabri dilakukan secara berkelanjutan melalui program sosialisasi, dimana selain peserta, juga dilakukan kepada ahli waris," imbuh dia.

Edison berharap, dengan mengoptimalkan seluruh sumber daya yang dimiliki, perusahaan terus mendorong dan meningkatkan pencapaian atas program-program tersebut guna mewujudkan layanan yang prima.

Sebagai informasi, PT Asabri (Persero) mencatatkan kenaikan total klaim yang dibayar pada tahun 2021 sebesar 23,8 persen. Jumlah tersebut terdiri dari pembayaran klaim manfaat Tunjangan Hari Tua (THT) kepada 71 ribu peserta sebesar Rp 1,7 triliun.

Kemudian, Asabri juga membayar manfaat Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) untuk 3,9 ribu peserta sebesar Rp 84,5 miliar. Selanjutnya, perusahaan telah membayar manfaat Jaminan Kematian (JKm) untuk 3 ribu orang sebesar Rp 231,4 miliar.

Baca juga: Bumiputera, Jiwasraya, dan Asabri: Salah Urus, Salah Kaprah, dan Salah Rezim

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.