Medio by KG Media
Siniar KG Media

Saat ini, aktivitas mendengarkan siniar (podcast) menjadi aktivitas ke-4 terfavorit dengan dominasi pendengar usia 18-35 tahun. Topik spesifik serta kontrol waktu dan tempat di tangan pendengar, memungkinkan pendengar untuk melakukan beberapa aktivitas sekaligus, menjadi nilai tambah dibanding medium lain.

Medio, sebagai bagian dari KG Radio Network yang merupakan jaringan KG Media, hadir memberikan nilai tambah bagi ranah edukasi melalui konten audio yang berkualitas, yang dapat didengarkan kapan pun dan di mana pun. Kami akan membahas lebih mendalam setiap episode dari channel siniar yang belum terbahas pada episode tersebut.

Info dan kolaborasi: podcast@kgmedia.id

Ketahui Cara Mengelola Utang yang Baik

Kompas.com - 05/05/2022, 07:00 WIB
Anda bisa menjadi kolumnis !
Kriteria (salah satu): akademisi, pekerja profesional atau praktisi di bidangnya, pengamat atau pemerhati isu-isu strategis, ahli/pakar di bidang tertentu, budayawan/seniman, aktivis organisasi nonpemerintah, tokoh masyarakat, pekerja di institusi pemerintah maupun swasta, mahasiswa S2 dan S3. Cara daftar baca di sini

Oleh: Nika Halida Hashina dan Ikko Anata

KOMPAS.com - Ketika dihadapkan dengan kebutuhan mendesak atau keinginan untuk membuka usaha, sering kali orang memilih untuk meminjam dana, baik ke bank maupun kerabat dekat. Hal ini sah-sah saja selama ada persetujuan kedua belah pihak.

Dilansir dari Kompas, utang adalah uang yang dipinjam dari orang lain. Pinjaman atau utang ini wajib dikembalikan dalam jangka waktu yang telah disepakati. Besarannya pun tergantung dari kebutuhan individu atau perusahaan.

Tentu, semua orang tidak ingin memiliki utang karena ada beban tanggungan pelunasan yang terkadang memberatkan. Berapa pun besaran utang yang dipinjam, kita akan selalu merasa berat untuk mengembalikannya.

Terlebih, jika kita tidak yakin bisa membayar atau tidak, tetapi terpaksa berkata sanggup karena kebutuhan. Akibatnya, banyak ditemukan kasus-kasus ekstrem, seperti konflik yang terjadi antara si peminjam hutang dan rentenir.

Siniar Cuan bersama Joice Tauris Santi, CFP dan Jurnalis Harian Kompas, mengajak kita untuk belajar bagaimana cara mengelola utang yang baik. Tips lengkapnya pun tersedia lewat episode “Cara Mengelola Utang biar Nggak Numpuk” di Spotify.

“Bagaimana kalau keadaan terdesak sudah datang (terjadi) dan tidak memiliki dana darurat? Kadang-kadang utang bisa menjadi solusi, tetapi tidak semua yang berhutang itu berkebutuhan. Dalam kasus ini, kita harus bisa mengelola keuangan,” ujar Joice.

Cara yang Bisa Dilakukan untuk Mencegah Utang

Secara singkat, ketika sudah memiliki utang, kita harus sadar untuk segera melakukan pengelolaan keuangan agar tetap aman walaupun berutang. Ada beberapa hal yang harus dilakukan.

Baca juga: Bisnismu Bisa Fatal Apabila Tidak Melakukan Hal Ini

Pertama, pastikan total utang atau utang yang wajib dicicil hanya 30 persen dari besaran penghasilan kita. Misalnya, dengan gaji Rp10 juta per bulan, kita hanya boleh berutang di batas Rp3,3 juta saja.

Dengan rasio tersebut, sudah dapat dipastikan bahwa hidup kita akan aman tanpa harus mengorbankan kebutuhan lainnya.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.