Kompas.com - 04/05/2022, 12:45 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Rekayasa lalu lintas contraflow kerap diberlakukan di ruas-ruas jalan tol tertentu saat terjadi kepadatan selama periode mudik Lebaran 2022.

Contraflow atau lawan arus merupakan salah satu dari empat rekayasa lalu lintas yang disiapkan kepolisian dengan cara memanfaatkan satu ruas jalan untuk dilalui kendaraan yang berlawanan arah.

Kebijakan contraflow ini rentan terjadi kecelakaan apabila pengendara tidak mengetahui lokasi dan jadwal diberlakukannya contraflow.

Baca juga: Jasa Marga Perpanjang Contraflow di Tol Jakarta-Cikampek, di Km Mana Saja?

Untuk itu, simak tips-tips berikut ini agar dapat berkendara dengan aman saat diberlakukan contraflow di jalan tol yang sedang dilewati saat mudik maupun arus balik.

1. Cari informasi terkait contraflow sebelum melakukan perjalanan

Pakar Transportasi Institut Teknologi Bandung Sony Sulaksono mengatakan, pengendara perlu mencari tahu terkait jadwal dan lokasi diberlakukannya contraflow baik dari media massa maupun media sosial operator jalan tol.

Pasalnya, sepanjang jalan diberlakukannya contraflow tidak selalu dilengkapi dengan flex cone yang menandakan di jalan tersebut sedang diberlakukan contraflow.

"Ini kadang-kadang kendaraan yang satu arusnya itu menyangka tidak ada contraflow. Jika nanti ada susul-menyusul kan jadi bahaya," ujarnya kepada Kompas.com melalui telepon, Rabu (4/5/2022).

2. Usahakan masuk jalur contraflow berbarengan dengan kendaraan lain

Dia melanjutkan, pengemudi yang sudah masuk ke jalur contraflow sebaiknya bersama-sama dengan kendaraan lainnya supaya tidak sendirian melawan arus.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.