Arus Balik Lebaran, 111.700 Penumpang Kereta Sudah Kembali ke Jakarta

Kompas.com - 06/05/2022, 16:51 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasional (Daop) 1 Jakarta mencatat telah terjadi arus balik sejak Rabu (4/5/2022). Hal ini terlihat dari bertambahnya jumlah penumpang yang datang dari daerah ke stasiun Daop 1 Jakarta, seperti Stasiun Gambir, Pasar Senen, Jakarta Kota, Bekasi, Cikarang, Karawang, dan Cikampek.

Kahumas KAI Daop 1 Jakarta Eva Chairunisa mengatakan, kenaikan volume penumpang arus balik tertinggi terjadi pada 5-6 Mei 2022 dan diperkirakan akan terus meningkat hingga 10 Mei mendatang.

"Meski volume keberangkatan masih tinggi, hari ini sejumlah stasiun di area Daop 1 Jakarta juga mulai menerima kedatangan penumpang dengan volume yang cukup tinggi. Peningkatan angka kedatangan penumpang sudah mulai terjadi sejak 4 Mei 2022," ujarnya saat dihubungi Kompas.com, Jumat (6/5/2022).

Baca juga: Antisipasi Arus Balik, Kadin Nilai Rekayasa Lalu Lintas Perlu Diberlakukan Kembali

Pada 5 Mei 2022, terdapat sekitar 38.400 penumpang yang akan turun di stasiun Daop 1 Jakarta. Lalu bertambah jumlahnya pada hari ini menjadi 39.300 penumpang.

Secara kumulatif, selama 4-6 Mei 2022 terdapat 111.700 penumpang yang tiba di Stasiun Gambir, Pasar Senen, Jatinegara, Jakarta Kota, Bekasi, dan Cikampek.

"Daop 1 Jakarta memastikan bahwa seluruh penumpang yang tiba telah memenuhi persyaratan untuk perjalanan penumpang KA karena telah dilakukan pemeriksaan di stasiun awal keberangkatan, sehingga pada saat tiba di stasiun tujuan penumpang tidak melalui proses pemeriksaan berkas kembali," ucapnya.

Dia mengatakan puncak arus balik Lebaran 2022 terjadi pada 4 dan 5 Mei 2022, atau H+1 dan H+2 Lebaran. Penumpang kereta tersebut berasal dari Bandung, Semarang, Surabaya, dan Yogyakarta.

Adapun antisipasi PT KAI dalam menghadapi kepadatan arus balik tersebut adalah dengan mengoperasikan 214 perjalanan kereta api pada H+3, naik 5 persen dibanding H-10 Lebaran yang sebanyak 204 perjalanan kereta api.

Baca juga: One Way Akan Diberlakukan, Simak Rute Alternatif dari Jakarta Menuju Bandung dan Semarang

Kapasitas tempat duduk yang disediakan juga meningkat 9 persen menjadi 122.861 tempat duduk per hari. Kesiapan lainnya yang KAI lakukan yaitu dengan terus menyiagakan petugas posko untuk pelayanan dan pengamanan baik dari internal maupun eksternal.

"Untuk memperlancar arus penumpang turun di stasiun, Daop 1 Jakarta menempatkan sejumlah petugas baik di area peron dan hall untuk membantu mengarahkan penumpang yang tiba agar tidak berkerumun di satu lokasi tertentu saat akan menunggu penjemputan," tuturnya.

KAI menetapkan masa Angkutan Lebaran tahun 2022, yaitu H-10 sampai H+10 Lebaran atau 22 April sampai 13 Mei 2022. Hingga 6 Mei, KAI telah menjual 2.192.032 tiket kereta api jarak jauh atau 83 persen dari total tiket yang disediakan.

Adapun untuk periode H-10 sampai H+2 atau 5 Mei, KAI telah melayani 1.514.554 pelanggan atau rata-rata 108.182 pelanggan per hari dengan rata-rata okupansi sebesar 90 persen.

Baca juga: 10 Emiten Bagi-bagi Dividen Setelah Libur Lebaran, Cek Jadwalnya

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.