Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penarikan Uang Tunai Bank Mandiri Capai Rp 27,8 Triliun pada Ramadhan-Lebaran 2022

Kompas.com - 10/05/2022, 12:00 WIB
Rully R. Ramli,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Penarikan uang tunai pada periode Ramadhan dan Lebaran tahun ini mengalami kenaikan dibanding periode yang sama tahun lalu, seiring dengan meningkatnya mobilitas masyarakat.

PT Bank Mandiri (Persero) Tbk mencatat, total realisasi net tarik tunaik pada periode Ramadhan hingga Idul Fitri tahun ini atau tepatnya pada 7 April hingga 9 Mei mencapai Rp 27,8 triliun.

"Jumlah tersebut mengalami peningkatan sebesar 23,8 persen bila dibandingkan pada periode Ramadhan - Idul Fitri tahun lalu yang mencapai Rp 22,52 triliun," ujar Sekretaris Perusahaan Bank Mandir, Rudi As Aturridha, kepada Kompas.com, Senin (9/5/2022).

Baca juga: Update Rincian Biaya Admin Bank Mandiri Per Bulan

Lebih lanjut Rudi mengungkapkan, hingga Maret 2022, jaringan Bank Mandiri telah tersebar di seluruh Indonesia yang meliputi 4.217 jaringan kantor, yang terdiri dari 2.572 kantor cabang dan 1.645 kantor mikro.

Selain penarikan uang tunai, bank dengan kode emiten BMRI itu mencatat, transaksi digital e-channel perseroan juga mengalami pertumbuhan, di mana per April 2022 telah mencapai Rp 1.500 triliun.

"Atau meningkat lebih dari 30 persen secara tahunan (year on year/yoy)," ucap dia.

Baca juga: Daftar 5 Bank dengan Aset Terbesar di Indonesia, Bank Mandiri Jadi Jawara

Sebagai informasi, bank Indonesia (BI) mencatat, realisasi penarikan uang tunai pada periode Ramadhan dan Lebaran tahun 2022 mencapai Rp 180,2 triliun, meningkat 16,6 persen dibanding periode yang sama tahun 2021 sebesar Rp 154,5 triliun.

Kepala Departemen Komunikasi BI Erwin Haryono mengatakan, pertumbuhan tersebut lebih tinggi dibandingkan pertumbuhan sebelum kondisi pandemi atau Mei 2019 yang sebesar 9,21 persen secara tahunan.

"Realisasi tersebut masih dalam kisaran alokasi uang tunai yang telah dipersiapkan BI guna mengantisipasi kebutuhan transaksi masyarakat selama Ramadan dan Idulfitri tahun 2022," ujar dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com