Airlangga: yang Mudik Lebih dari 80 Juta, Alhamdulillah Sampai Hari Ini Tidak Ada Lonjakan Kasus Covid-19...

Kompas.com - 11/05/2022, 14:59 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto masih melihat bayangan Covid-19 masih dapat jadi risiko pada sektor perekonomian.

Untuk itu, ia masih waspada dengan dengan adanya risiko yang ditimbulkan Covid-19 pada sektor perekonomian.

Namun begitu, ia menyampaikan adanya pergerakan mudik Lebaran 2022 menjadi bukti positif adanya percepatan penanganan Covid-19.

"Alhamdulillah, penanganan kasusu Covid-19 sudah landai. Kemarin walaupun yang mudik lebih dari 80 juta (pemudik), namun dari indikasi yang kita monitor sampai hari ini tidak ada lonjakan kasus," ujar Airlangga dalam Green Economy Indonesia Summit 2022, Rabu (11/5/2022).

Baca juga: Ekonomi Indonesia Tumbuh 5,01 Persen, Menko Airlangga: Tak Lagi Disokong Belanja Pemerintah

Ia menambahkan, dua tahun belakangan selama pandemi Covid-19, penyebaran kasus bakal melonjak pada H+24 setelah Lebaran Idul Fitri.

"Tetapi sekali lagi ditegaskan, kasus naik pada waktu itu kaitannya dengan varian baru, varian Delta dan Omicron," terang dia.

Baca juga: Klaim Ekonomi RI Kalahkan China, Singapura hingga AS, Airlangga: Hanya di Bawah Vietnam...

Airlangga berharap, masyarakat tidak dihantui lagi dengan penyebaran wabah varian baru turunan Covid-19. Ia bilang, jangan sampai ada varian lain yang sekuat Omicron maupun varian Delta.

Lebih lanjut, ia menyampaikan berdasarkan survei serologi Kementerian Kesehatan sebelum Ramadhan dan Lebaran Idul Fitri 2022, di Pulau Jawa lebih dari 99 persen masyarakat sudah memiliki kekebalan atau imunitas.

Baca juga: Ekonomi RI Tumbuh 5,01 Persen di Kuartal I-2022, Airlangga Sebut Lebih Tinggi dari China dan AS

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.