Medio by KG Media
Siniar KG Media

Saat ini, aktivitas mendengarkan siniar (podcast) menjadi aktivitas ke-4 terfavorit dengan dominasi pendengar usia 18-35 tahun. Topik spesifik serta kontrol waktu dan tempat di tangan pendengar, memungkinkan pendengar untuk melakukan beberapa aktivitas sekaligus, menjadi nilai tambah dibanding medium lain.

Medio, sebagai bagian dari KG Radio Network yang merupakan jaringan KG Media, hadir memberikan nilai tambah bagi ranah edukasi melalui konten audio yang berkualitas, yang dapat didengarkan kapan pun dan di mana pun. Kami akan membahas lebih mendalam setiap episode dari channel siniar yang belum terbahas pada episode tersebut.

Info dan kolaborasi: podcast@kgmedia.id

Punya Growth Mindset Saat Bekerja, Pentingkah?

Kompas.com - 19/05/2022, 15:00 WIB
Anda bisa menjadi kolumnis !
Kriteria (salah satu): akademisi, pekerja profesional atau praktisi di bidangnya, pengamat atau pemerhati isu-isu strategis, ahli/pakar di bidang tertentu, budayawan/seniman, aktivis organisasi nonpemerintah, tokoh masyarakat, pekerja di institusi pemerintah maupun swasta, mahasiswa S2 dan S3. Cara daftar baca di sini

Oleh: Alifia Putri Yudanti dan Brigitta Valencia Bellion

KOMPAS.com - Pola pikir yang baik bisa membawa kita pada kesuksesan. Ternyata, terdapat dua jenis pola pikir, yaitu growth mindset dan fixed mindset.

Growth mindset adalah pola pikir ketika seseorang percaya bahwa bakat bisa dikembangkan. Sementara pribadi dengan fixed mindset percaya kalau bakat hanya berasal dari keturunan.

Orang dengan pola pikir yang berkembang percaya bahwa kecerdasan dan kreativitas bisa dikembangkan dengan proses. Mereka juga tak mudah menyerah saat gagal.

Justru, kegagalan akan diterima sebagai tantangan yang mampu membawa mereka ke jenjang yang lebih tinggi.

Pola pikir ini pun sering dielu-elukan dalam dunia kerja. Seperti ungkapan HRD Bacot dalam siniar Obsesif musim kelima bertajuk "Manifestasi Growth Mindset dalam Pekerjaan" bahwa, "Penambahan pekerjaan memang tak selalu diiringi dengan penambahan gaji, tapi penambahan kompetensi."

Akan tetapi, kesulitan para karyawan untuk belajar kemampuan baru salah satunya adalah keterbatasan waktu. Ini karena mereka tetap dituntut untuk menyelesaikan pekerjaan lama sembari mempelajari hal baru.

Di sisi lain, orang dengan growth mindset akan tetap berusaha menyeimbangkannya karena mereka menganggap hal tersebut akan menambah nilai diri. Selain itu, peluang dipromosikan akan semakin besar.

Menurut Mincot, admin HRD Bacot, mempraktikkan pola pikir ini memang sulit. Bahkan, tak sedikit yang gagal. Akan tetapi, percayalah jika hasil pasti tidak akan mengkhianati usaha.

"Jangan takut dan capek belajar hal baru. Pelajari semua hal yang memang kamu anggap penting dan relevan dengan apa yang kamu kerjakan," tambahnya.

Baca juga: Hak Istimewa Jurnalis dari Kacamata Aiman Witjaksono

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.