BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan Allianz

Tak Hanya Jadi Official Insurance Partner Formula E Jakarta, Begini Langkah Nyata Allianz dalam Menjaga Kelestarian Lingkungan

Kompas.com - 02/06/2022, 15:03 WIB
Aningtias Jatmika,
Agung Dwi E

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Ajang balap mobil listrik ABB FIA Formula E World Championship Jakarta (Jakarta E-Prix) 2022 akan digelar di Sirkuit Jakarta International E-Prix Circuit (JIEC), Taman Impian Jaya Ancol, Jakarta Utara, Sabtu (4/6/2022).

Balapan Formula E merupakan seri balap mobil listrik internasional pertama di dunia. Balapan ini diikuti oleh 24 pembalap dari 12 tim dan diselenggarakan di jalanan kota di lima benua.

Uniknya, balapan Formula E bukan sekadar adu cepat mobil listrik. Ajang ini juga menjadi sarana pengujian dan pengembangan teknologi terkait dengan jalan, serta penyempurnaan desain kendaraan listrik.

Lebih dari itu, Formula E juga merupakan kampanye untuk memopulerkan penggunaan kendaraan ramah lingkungan yang dapat membantu penurunan polusi udara, terutama di kota penyelenggaranya.

Untuk diketahui, balapan Formula E diprakarsai oleh Presiden Federasi Otomotif Internasional atau Federation Internationale de l'Automobile (FIA) Jean Todt dan pengusaha asal Spanyol Alejandro Agag.

Mereka mengembangkan balapan tersebut sebagai sarana untuk menciptakan dunia yang lebih bersih dan lebih baik.

Seperti diketahui, kampanye peduli lingkungan, termasuk penggunaan kendaraan ramah lingkungan, terus bergulir. Tak hanya pemerintah, pihak swasta pun turut mendukung hal tersebut.

Salah satunya dilakukan oleh Allianz Indonesia yang menjadi Official Partner dalam ABB FIA Formula E World Championship.

Kemitraan itu berangkat dari komitmen Allianz untuk berinovasi, menginspirasi, dan mengajak nasabah agar peduli terhadap lingkungan, khususnya inovasi dalam penggunaan kendaraan ramah lingkungan.

Di Indonesia, Allianz juga berkomitmen untuk peduli terhadap lingkungan melalui berbagai inisiatif. Beberapa di antaranya adalah dengan mengurangi penggunaan listrik sebanyak 5 persen pada 2022 dan menggunakan listrik dari sumber energi terbarukan.

Baru-baru ini, Allianz meraih Sertifikat Energi Terbarukan atau Renewable Energy Certificate (REC) dari PT Perusahaan Listrik Negara (PLN).

REC sendiri merupakan instrumen yang merepresentasikan atribut terbarukan (renewable) dari setiap megawatt-hour (MWh) listrik yang diproduksi oleh pembangkit renewable energy. Satu unit REC merepresentasikan satu MWh.

Selain itu, REC juga merupakan bentuk pencapaian target penggunaan renewable energy yang transparan dan dukungan untuk mendorong pertumbuhan renewable energy di pasar nasional.

Grup Allianz juga berkomitmen penuh untuk menghapus model bisnis berbasis batu bara dari seluruh layanan asuransi yang dikaitkan dengan produk investasi serta portofolio asuransi investasi dan kecelakaan.

(Baca juga: Allianz Life Kurangi Pembiayaan untuk Bisnis yang Gunakan Batu Bara)

Selain itu, Allianz juga aktif mendukung proyek yang memiliki dampak positif terhadap lingkungan. Salah satu dukungan ini diwujudkan dengan membiayai pembangunan pembangkit listrik tenaga air (PLTA) guna mendukung energi terbarukan di Indonesia.

Komitmen sustainability

Sebagai wujud nyata untuk melakukan yang #TerbaikBagiBumi, Allianz juga berupaya memenuhi komitmen keberlanjutan (sustainability) pada 2022.

Tak hanya mengurangi penggunaan listrik sebanyak 5 persen, komitmen tersebut juga termasuk membatasi emisi karbon hingga 2 ton per karyawan.

Kemudian, Allianz juga berkomitmen untuk mengurangi penggunaan kertas sebanyak 20 persen. Hal ini diwujudkan dengan menyediakan berbagai layanan digital, seperti Allianz Discover, Allianz eAZy Connect—portal bagi nasabah Allianz—, dan pilihan polis elektronik. Penggunaan polis elektronik dapat mengurangi penggunaan kertas sebanyak 26 lembar dalam setiap penerbitan polis cetak.

Sebagai pelopor industri asuransi yang mengedepankan konsep environment, social, and governance (ESG), Allianz juga mengajak masyarakat untuk mengelola sampah anorganik.

Untuk mencapai target tersebut, Allianz telah menjalankan sejumlah program. Salah satunya adalah Bank Sampah Digital.

Melalui Yayasan Allianz Peduli (YAP), Allianz menginisiasi program Bank Sampah Digital. Melalui Yayasan Allianz Peduli (YAP), Allianz menginisiasi program Bank Sampah Digital.

Melalui Yayasan Allianz Peduli (YAP), Allianz berkolaborasi dengan Rekosistem, yakni startup yang berfokus di bidang lingkungan, khususnya pemilahan sampah.

Lewat program tersebut, YAP dan Rekosistem mengedukasi masyarakat dalam pemilahan sampah anorganik dengan menyediakan Dropbox, Rebox, dan Recyclebox.

(Baca juga: Program "Hijau" Allianz Life, Sampah Bisa Ditukar Jadi Premi Asuransi)

Ketiganya menjadi titik penjemputan sampah terpilah yang tersebar di lebih dari 5 titik lokasi penjemputan sampah.

Atas kolaborasi yang sudah berjalan sejak November 2021 itu, sebanyak 4.906 orang telah menerima manfaat dan lebih dari 4 ton sampah terkumpul.

Program lain yang dijalankan Allianz adalah workshop Eco-Enzyme pada April-Juli 2022. Dalam rangka memperingati Hari Bumi, YAP bersama guru-guru Sekolah Dasar Negeri (SDN) 07 Pulogadung, Jakarta, melatih anggota komunitas binaan dan ibu-ibu kader bank sampah untuk membuat Eco-Enzyme dari sampah dapur organik.

Workshop Eco-Enzyme Allianz melatih anggota komunitas binaan dan ibu-ibu kader bank sampah untuk membuat Eco-Enzyme dari sampah dapur organik.Allianz Workshop Eco-Enzyme Allianz melatih anggota komunitas binaan dan ibu-ibu kader bank sampah untuk membuat Eco-Enzyme dari sampah dapur organik.

Untuk diketahui, sebelumnya, Allianz juga telah menjalankan sejumlah program sustainability lain, misalnya Bank Sampah Gusling.

Bank Sampah Gusling merupakan program pemberdayaan yang mengajak masyarakat untuk “menabung” sampah.

Sejak 2016, Bank Sampah Gusling mempunyai lebih dari 250 orang nasabah yang rutin melakukan penimbangan sampah. Penimbangan sampah dilakukan di Kelurahan Guntur setiap minggu. Melalui program itu, setiap nasabah rata-rata berhasil menabung hingga 7 ton per tahun.

Inisiatif lain yang juga dijalankan Allianz demi menjaga lingkungan serta mengajak masyarakat melakukan yang #TerbaikBagiBumi adalah aktif dalam program World Cleanup Day dan Mangrove Planting.

Demi menjaga lingkungan serta mengajak masyarakat melakukan yang #TerbaikBagiBumi, Allianz aktif dalam program World Cleanup Day dan Mangrove Planting.Allianz Demi menjaga lingkungan serta mengajak masyarakat melakukan yang #TerbaikBagiBumi, Allianz aktif dalam program World Cleanup Day dan Mangrove Planting.

Kemudian, Allianz juga mendukung Get Plastic, yakni organisasi yang tidak hanya aktif dalam gerakan bebas sampah plastik, tetapi juga berinovasi membuat mesin untuk mengubah sampah plastik menjadi bahan bakar solar.

(Baca juga: Beri Pelatihan Generasi Muda, Allianz Indonesia Gandeng SOS Children’s Villages)

Allianz berharap, seluruh inisiatif sustainability tersebut dapat mendukung peningkatan penggunaan renewable energy di Indonesia sekaligus berkontribusi dalam menjaga kelestarian lingkungan.

Sebagai informasi, dalam gelaran ABB FIA Formula E World Championship Jakarta, Allianz memberikan promo produk asuransi untuk mobil listrik.

Sebanyak 20 nasabah pertama bisa mendapatkan diskon premi sebesar 25 persen dan cashback senilai Rp 500.000. Program ini berlaku untuk pembelian polis pada 4-11 Juni 2022.

Untuk menikmati promo tersebut, nasabah dapat mengirimkan e-mail ke cs@allianz.co.id atau technical.motor@allianz.co.id dengan melampirkan foto tiket Formula E, Kartu Tanda Penduduk (KTP), Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK), dan foto mobil listrik dari empat sisi.


komentar di artikel lainnya
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com