Vaksin Covid-19 BUMN Masuk Uji Klinis Tahap 3, Bio Farma Siapkan Kapasitas Produksi 120 Juta

Kompas.com - 09/06/2022, 16:12 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bio Farma (Persero) tengah menguji klinis fase 3 vaksin Covid-19 Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

Direktur Utama Bio Farma Honesti Basyir mengatakan, pihaknya telah menyiapkan kapasitas produksi sebesar 120 juta per tahun untuk vaksin Covid-19 BUMN.

Ditargetkan pada akhir Juli 2022, uji klinis fasi 3 ini akan rampung sehingga vaksin Covid-19 buatan Indonesia ini akan mendapatkan emergency use authorization (EUA) dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

"Insya Allah semua berjalan lancar, EUA keluar, kita produksi. Kita sudah menyiapkan kapasitas produksi yang cukup besar ya, di mana untuk vaksin BUMN ini kami telah menyiapkan kapasitas 120 juta dosis per tahun," ujarnya dalam konferensi pers, Kamis (9/6/2022).

Baca juga: Meroket 567 Persen, Laba Bersih Bio Farma Capai Rp 1,93 Triliun Sepanjang 2021

Dia berharap, vaksin Covid-19 BUMN ini dapat menerima EUA dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) di masa mendatang.

"Kalau seandainya kita dapat (EUA) dari WHO, kita nanti tidak menerima vaksin lagi. Kita bisa mendonasikan vaksin kita ke daerah-daerah dan negara yang membutuhkan," ucapnya.

Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan, pada awal produksi vaksin Covid-19 BUMN ini akan diprioritaskan untuk masyarakat Indonesia terlebih dahulu.

Sebab, karena tingkat vaksinasi lengkap di Indonesia sudah lebih dari 80 persen, maka vaksin BUMN ini akan digunakan sebagai vaksin booster.

"Yang diharapkan oleh pemerintah ke depan adalah menjadi vaksin booster sebagai alternatifnya. Tentu pada tahap awal kita memprioritaskan untuk bangsa kita dulu," jelasnya.

Namun apabila ke depannya kebutuhan di dalam negeri sudah terpenuhi dan melihat adanya peluang untuk memasarkan vaksin ini hingga ke pasar global maka jumlah produksi vaksin akan ditingkatkan.

"Saya rasa kalau nanti diperlukan kita memperbesar, apalagi kita menginginkan up dari produksi vaksin dunia, ya kita bisa tingkatkan," kata dia.

Baca juga: Mulai Hari Ini Penumpang Pesawat Tak Perlu Tes Covid-19 jika Sudah Vaksin Dosis 2 dan Booster

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.